Potret udara suasana Tabligh Akbar dan Konser Ambyar di Alun-alun Ponorogo, Selasa (10/12/2019). (Istimewa)

Solopos.com, PONOROGO -- Ribuan orang memadati Alun-alun Ponorogo untuk mengikuti pengajian dan konser ambyar Gus Miftah dan Didi Kempot, Selasa (10/12/2019) malam.
Melalui siaran langsung yang ditayangkan melalui akun Facebook resmi Pemkab Ponorogo, Selasa malam, terlihat ribuan orang berjubel di alun-alun tersebut. Alun-alun Ponorogo malam itu terlihat seperti lautan manusia. Sobat Ambyar dan Sobat Ngaji bersatu padu dalam acara itu.Acara Tabligh Akbar dan Konser Ambyar itu dibuka dengan tausiah dari penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah.

"Saya bersyukur alhamdulillah di Alun-alun Ponorogo ini Pak Bupati berkenan ngaji bareng plus ambyar bareng. Gus Miftah bersama Mas Didi Kempot," kata dia sebelum mengisi ceramah.

Gus Miftah mengaku takjub dengan banyaknya warga yang menghadiri pengajian dan menonton konser ambyar malam itu. Menurutnya, ini karena Sobat Ngaji dan Sobat Ambyar ngumpul bareng dalam acara ini.

Setelah hampir satu jam Gus Miftah memberikan ceramah, kemudian datanglah Didi Kempot. Didi Kempot mengaku kerap bernyanyi di pondok pesantrennya Gus Miftah.

"Kulo kaleh Gus Miftah niki dulur lawas. Seringnya nyanyi di pondok," ujar Didi Kempot.

Selain Gus Miftah, Didi Kempot juga mengaku takjub dengan warga yang hadir dalam konser ambyar ini. Menurut Didi Kempot, jumlah warga yang hadir di konser ambyar jadi rekor.

"Mas Didi Kempot sehat terus. Pak Bupati matur nuwun telah menyelenggarakan ngaji bareng ngambyar bareng. Sobat ngaji dan sobat ambyar dadi siji," kata Gus Miftah sebelum berpamitan pulang.

Dalam konser itu, Didi Kempot mengawalinya dengan satu lagu berjudul Cidro. Tak perlu aba-aba, ribuan penonton pun langsung terbius dan menirukan lirik lagu itu. Bahkan terlihat sekelompok remaja yang bergoyang menikmati irama gendang musik campur sari.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, dalam sambutannya mengatakan Tabligh Akbar dan Konser Ambyar ini sebagai bentuk syukur atas suksesnya pemerintahan Ponorogo selama 2019 dan untuk peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia 2019.

"Malam ini kita semua berkumpul di sini, menjelang akhir 2019. Ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Semoga Allah senantiasa diberkahi, dirahmati Allah," kata Ipong.

Ipong menuturkan pertunjukan malam ini menjadi kolaborasi yang sangat bagus antara unsur relijius dan sekaligus budaya. Masyarakat bisa berselawatan dan berjoget.

"Ini menunjukkan Ponorogo merupakan kabupaten yang berbudaya sekaligus relijius," ujarnya.

Kasubag Humas Pemkab Ponorogo, Alim Nor Faizin, mengatakan Tabligh Akbar dan Konser Ambyar yang digelar Selasa malam dihadiri ribuan orang. Bahkan, ia menyebut jumlah penonton acara ini melebihi target.

"Alun-alun penuh. Sampai meluber ke jalan. Ini melebihi target," kata Alim saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).

Dia menuturkan kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas suksesnya pemerintahan Kabupaten Ponorogo pada 2019. Selain itu juga untuk memperingati Hari Anti Korupso Sedunia 2019.

Pemkab Ponorogo, Didi Kempot, Gus Miftah,


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten