SOLOPOS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno hadir dalam diskusi bersama Kadin Batam di Montigo Resort, Batam, Kepri, Selasa (2/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meminta para pengusaha pariwisata terutama penyedia jasa hiburan untuk tidak khawatir terhadap penetapan pajak hiburan sebesar 40 persen hingga 75 persen.

“Jangan khawatir pemerintah hadir dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak tentunya [kepada pelaku usaha sektor pariwisata],” kata Sandi dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta dilansir Antaranews.com, Senin (15/1/2024).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal tersebut disampaikan Sandi karena pihaknya memastikan, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dibuat untuk memberdayakan para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif, bukan mematikannya.

“Kami akan memastikan kebijakan kami akan memberdayakan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif bukan mematikan,” tegas Sandi.

Khusus untuk pelaku usaha spa di Bali, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, menyampaika para pengusaha spa yang merasa terbebani dengan penetapan pajak hiburan, dapat menyampaikan surat keberatan kepada pemerintah kabupaten/kota setempat.

“Kita minta tembusannya juga disampaikan ke Gubernur (gubernur Bali), sehingga dari dasar ini juga Pak Gubernur mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk memperhatikan keberatan teman-teman pengusaha spa,” kata Tjok yang turut hadir pada kesempatan yang sama.

Diketahui, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali menyebutkan sejumlah pengusaha spa di Pulau Dewata mengajukan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi terkait pasal yang mengatur tarif pajak dan klasifikasi-nya dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022.

“Kami sudah melakukan judicial review ke Mahkamah Konsitusi (MK), teman-teman (pengusaha) spa sudah melakukannya. Mudah-mudahan setidaknya ini (kenaikan tarif pajak) bisa ditunda,” kata Ketua GIPI Bali Ida Bagus Agung Parta Adnyana di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/1/2024).

Senada dengan Agung Parta, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Perry Markus menambahkan uji materi sudah diterima MK pada Jumat (5/1/2024).

Dia menjelaskan materi yang diuji itu yakni terkait pasal 55 dan pasal 58 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Pada pasal 55 disebutkan mandi uap/spa termasuk dalam kategori jasa kesenian dan hiburan.

Pajak hiburan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan pada diskotik, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa ditetapkan paling rendah 40 persen dan paling tinggi 75 persen.

Pajak hiburan merupakan jenis pajak yang dipungut oleh pemerintah kabupaten/kota, yang pajaknya dibayarkan oleh konsumen sehingga pelaku usaha hanya memungut pajak yang telah ditetapkan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

35.997 Calon Haji bakal Berangkat dari Embarkasi Solo, Total Ada 100 Kloter

35.997 Calon Haji bakal Berangkat dari Embarkasi Solo, Total Ada 100 Kloter
author
Suharsih Kamis, 9 Mei 2024 - 14:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di depan Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu (8/5/2024) sore. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 35.997 calon haji (calhaj) dari Jateng dan DIY bakal berangkat dari Embarkasi Solo dengan terlebih dahulu menginap di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali pada 2024. Mereka bakal berangkat dalam 100 kelompok terbang (kloter).

Jumlah kloter calhaj tersebut bertambah lima kloter dibandingka musim haji 2023 lalu di mana Embarkasi Solo memberangkatkan 95 kloter. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, jumlah calhaj asal Jateng pada 2024 ini bertambah dari 30.000-an orang pada 2023 menjadi 31.711 orang pada 2024.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sisanya sebanyak 4.286 orang calon haji yang akan berangkat dari Embarkasi Solo berasal dari DIY. Kloter pertama calhaj dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk persiapan terbang ke Tanah Suci pada Sabtu (11/5/2024).

Kloter pertama itu merupakan calhaj asal Temanggung. Mereka dijadwalkan terbang pada Minggu (12/5/2024). Kepala Unit Pengelola AHD Boyolali, Dyah Sri Marwati, mengungkapkan total ada lima kloter yang masuk ke AHD Boyolali pada Sabtu.

Koran Solopos

Kloter pertama dijadwalkan masuk pukul 06.00 WIB, kloter kedua pukul 09.00 WIB, kloter ketiga pukul 12.00 WIB, kloter keempat dijadwalkan pukul 15.00 WIB, dan kloter kelima dijadwalkan masuk ke AHD pukul 19.00 WIB.

“Kloter pertama pemberangkatan pada 12 Mei 2024 pukul 02.00 WIB,” kata saat ditemui Solopos.com, Rabu sore. Dyah menambahkan AHD Boyolali sudah melakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana untuk pelayanan para calon haji yang akan berangkat melalui Embarkasi Solo.

Persiapan dilakukan sejak Februari 2024 seperti perbaikan fasilitas, penataan gedung, pemeliharaan gedung, dan lain-lain. Bahkan, pengelola AHD Boyolali juga menyiapkan Wifi atau Internet gratis bagi calon haji yang menginap di Asrama Haji Donohudan.

Emagazine Solopos

Pengecekan Kesehatan

Dyah menjelaskan para calon haji yang datang akan disambut di Gedung Jeddah. Di sana, mereka akan menjalani pengecekan kesehatan. Lalu, jemaah calon haji akan diarahkan ke Gedung Mekkah dan Madinah untuk beristirahat.

Sebanyak tiga lantai di Gedung Mekkah digunakan untuk penginapan jemaah calon haji. Ada sebanyak 1.155 tempat tidur yang disiapkan untuk para calon haji di Gedung Mekkah.

Kemudian, di Gedung Madinah ada dua lantai yang digunakan untuk pelayanan haji. Ada sekitar 740 tempat tidur yang disiapkan di Gedung Madinah. “Asumsinya, kami menyiapkan lima lantai untuk para calon haji yang berdatangan masuk mulai 11 Mei,” kata dia.

Interaktif Solopos

Setelah menginap dan beristirahat, jemaah calon haji akan diarahkan untuk berangkat dan menempati Gedung Muzdalifah sebelum berangkat menuju Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Lebih lanjut, Dyah mengatakan karena ada beberapa calon haji lanjut usia (lansia) yang berangkat dari Embarkasi Solo, pengelola AHD Boyolali telah menyiapkan jalur khusus kursi roda. Tak hanya itu, AHD Boyolali juga menyediakan toilet difabel yang nyaman bagi pengguna kursi roda.

Pengelola AHD Boyolali juga menyiapkan 200 tenaga musiman untuk membantu pelayanan haji saat pemberangkatan. Pada saat pemulangan, pengelola AHD menyiapkan 150 tenaga musiman.



Jumlahnya semakin sedikit karena perkiraan pekerjaan yang tidak sebanyak saat pemberangkatan. Ia berharap para tenaga musiman yang disiapkan mampu memberikan pelayanan maksimal untuk para calon haji.

“Mereka melakukan pembersihan di gedung-gedung, kamar-kamar, kamar mandi, dan area terbuka lainnya. Prinsipnya, apa yang dibutuhkan calon haji ini harus kami utamakan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca akan Ditarik dari Peredaran di Seluruh Dunia

Vaksin Covid-19 AstraZeneca akan Ditarik dari Peredaran di Seluruh Dunia
author
Akhmad Ludiyanto Kamis, 9 Mei 2024 - 14:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Vaksin Astra Zeneca. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Vaksin Covid-19 AstraZeneca akan ditarik dari peredaran di seluruh dunia. Bisnis mengutip Reuters, AstraZeneca mengatakan bahwa penarikannya itu karena “surplus vaksin terbaru yang tersedia” sejak pandemi Covid-19. Perusahaan juga mengatakan akan melanjutkan pencabutan izin edar vaksin Vaxzevria di Eropa.

“Dengan beragamnya varian vaksin Covid-19 yang telah dikembangkan, terdapat surplus vaksin-vaksin terbaru yang tersedia,” kata perusahaan tersebut, seraya menambahkan bahwa hal ini telah menyebabkan penurunan permintaan untuk Vaxzevria, yang tidak lagi diproduksi atau dipasok.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut laporan media, produsen obat Anglo-Swedia itu sebelumnya telah mengakui dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin tersebut menyebabkan efek samping seperti pembekuan darah dan jumlah trombosit darah yang rendah, meskipun sangat jarang terjadi.

Permohonan perusahaan untuk menarik vaksin tersebut dibuat pada tanggal 5 Maret dan mulai berlaku pada tanggal 7 Mei, menurut Telegraph, yang pertama kali melaporkan perkembangan tersebut.

Koran Solopos

AstraZeneca yang terdaftar di Bursa Efek London mulai beralih ke vaksin virus pernapasan dan obat obesitas melalui beberapa kesepakatan tahun lalu setelah terjadi perlambatan pertumbuhan karena penurunan penjualan obat Covid-19. Sebelumnya, AstraZeneca juga mendapat sorotan setelah pihaknya mengakui dalam data pengadilan bahwa vaksin miliknya memiliki efek samping. Dikutip dari The Telegraph, raksasa farmasi tersebut digugat dalam gugatan class action atas klaim bahwa vaksinnya, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, menyebabkan kematian dan cedera serius dalam puluhan kasus.

Vaksin AstraZeneca pun diklaim menimbulkan efek samping buruk pada sejumlah kecil keluarga. Adapun kasus pertama diangkat pada 2023 oleh Jamie Scott, yang mengalami cedera otak permanen karena pembekuan darah dan pendarahan di otak setelah menerima vaksin pada April 2021.

AstraZeneca kemudian menentang klaim tersebut, tetapi telah menerima dalam dokumen hukum yang diserahkan ke Pengadilan Tinggi pada bulan Februari, bahwa vaksin Covid-nya “dapat, dalam kasus yang sangat jarang, menyebabkan sindrom Trombosis dengan Trombositopenia (TTS).

Emagazine Solopos

Mereka menyebut bahwa TTS juga bisa terjadi tanpa adanya vaksin AZ, dan penyebab dalam setiap kasus individu akan bergantung pada bukti ahli. Total 51 kasus telah diajukan ke Pengadilan Tinggi, dengan korban dan keluarga yang menuntut ganti rugi hingga sekitar 100 juta poundsterling atau setara Rp 2 triliun.

Sudah Tidak Beredar di Indonesia

Lebih lanjut, BPOM menjelaskan bahwa keamanan vaksin Covid-19 AstraZeneca terkait kejadian TTS atau pembekuan darah telah dimonitor oleh BPOM dalam pemantauan post authorization safety study (PASS).

Adapun, industri farmasi pemegang emergency use authorization (EUA) wajib melaksanakan PASS dan menyampaikan laporan kepada BPOM.

Interaktif Solopos

Untuk diketahui, EUA Vaksin Covid-19 AstraZeneca disetujui BPOM pada 22 Februari 2021. Lebih dari 73 juta dosis telah digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia.

Pemantauan keamanan vaksin di Indonesia juga dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama dengan Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP KIPI).

Terkini, vaksin Covid-19 AstraZeneca tidak digunakan lagi dalam program vaksinasi atau imunisasi. Berdasarkan hasil pengawasan dan penelusuran BPOM, saat ini vaksin itu sudah tidak beredar di Indonesia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Long Weekend, Daop 6 Operasikan 28 KA Jarak Jauh Termasuk 6 KA Tambahan

Long Weekend, Daop 6 Operasikan 28 KA Jarak Jauh Termasuk 6 KA Tambahan
author
Anik Sulistyawati Kamis, 9 Mei 2024 - 14:03 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (PT KAI)

Solopos.com, SOLO — KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 28 kereta api (KA) jarak jauh untuk lima hari ke depan, Rabu (8/5/2024).  Hal itu dilakukan untuk melayani penumpang pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan 28 KA jarak jauh tersebut terdiri dari 22 KA reguler dan 6 KA Tambahan. Total kapasitas tempat duduk yang KAI siapkan yakni 75.790 tempat duduk.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

KA Tambahan yang dioperasikan Daop 6 untuk melayani masyarakat di masa long weekend adalah sebagai berikut:

Koran Solopos

1. KA Lodaya Tambahan (7023) relasi Solo Balapan – Bandung pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 20.40 WIB
2. KA Taksaka Tambahan (7001) relasi Yogyakarta – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.50 WIB.
3. KA Manahan Tambahan (7015) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 22.46 WIB
4. KA Sancaka (102F) relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp, keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 22.15 WIB.
5. KA Manahan (79F) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 09.45 WIB.
6. KA Manahan (81F) relasi Solo Balapan – Gambir pp, keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 22.35 WIB.

Dia mengatakan penambahan perjalanan KA tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut. Selain itu, penambahan jumlah perjalanan KA merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini.

Disebutkan, sampai dengan Rabu (8/5/2024), tiket KA jarak jauh yang sudah dipesan oleh masyarakat sejumlah 58.989 atau 78% dari kapasitas yang tersedia. Menurutnya, saat ini tiket KA Jarak Jauh keberangkatan awal Daop 6 masih cukup tersedia. Untuk itu diharapkan masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend ini dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya, baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Emagazine Solopos

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” lanjut Krisbiyantoro.

Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, Daop 6 Yogyakarta memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories