Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

 Tangkapan layar Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti mengurus SIM di Pangandaran. (Gambar: twitter)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti mengurus SIM di Pangandaran. (Gambar: twitter)

Solopos.com, PANGANDARAN – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, viral dengan unggahan video mengurus SIM setelah 20 tahun mati. Susi lalu membuat video klarifikasi karena banyak pihak yang menuding petugas melayani pembuatan SIM Susi secara istimewa.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (16/9/2021), video tentang pengurusan SIM pertama kali diunggah Susi pada 15 September 2021. Unggahan itu juga memantik reaksi warganet yang tengah mengkritisi layanan SIM dengan menulis surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sehari sebelum susi mengunggah video.

“Kawan-kawan. Mengklarifikasi tentang SIM yang baru  saya buat. Kemaren saya sempat memvideoken dimana saya sudah selesai foto dan bicara bahwa di Polsek Pangandaran memang benar sudah bisa urus SIM. Memang benar pangadaran sudah delapan tahun sudah kabupaten. Dulunya bagian Ciamis, kita kalau urus SIM di Ciamis,” katanya melalui akun twitter @susipudjiastuti, Kamis (16/9/2021) siang.

Baca Juga: Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Susi membantah mendapat keistimewaan dalam mengurus SIM. “Kemudian apakah saya dapat privilege tidak melalui tertulis dan kesehatan, itu juga tidak benar. Sebelum saya drive test saya lakukan return test. Setelah drivet test baru foto. Saya ambil vlog kemaren setelah foto,” tambah Susi.

Susi juga menceritakan pernah mendapatkan nilai terbaik ujian SIM di Jawa Barat. Selain SIM C dan SIM A, dia mengaku pernah memiliki SIM B1. “Belum tahu ya Susi ini bisa kendarain Fuso, dulu,” tutup Susi.

Seperti diberitakan sebelumnya, layanan pengurusan SIM dan layanan Samsat tengah disorot publik. Hal itu seiring surat terbuka yang dibuat seorang warga bernama Emerson Yuntho kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Surat yang juga ditembuskan Menko Polhukam, Mahfud MD serta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Surat tersebut berisi keresahan atas praktik pungli dalam layanan Samsat maupun pembuatan SIM.

Surat tertanggal 14 September 2021 tersebut diunggah di akun pribadi Emerson Yuntho. Selain menyoroti praktik pungli, pemilik akun tersebut juga mengkritik ujian SIM yang dinilainya tak masuk akal. “Dengan model ujian praktik seperti ini, publik percaya Lewis Hamilton akan gagal mendapatkan SIM A dan Valentino Rosi juga tidak mungkin memperoleh SIM C di Indonesia,” tulis Emerson.

Sindiran tersebut cukup memantik reaksi warganet lainnya. Ada yang membantu menjawab ada pula yang menambahi data dengan menceritakan pengalaman pribadi.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Surat Emerson tadi berbentuk ketikan di layar putih yang telah didokumentasikan menjadi file format jpg yang kemudian diunggah.

Di bagian lain, Emerson yang hadir dengan akun Buya Eson tersebut juga mengunggah link informasi tentang Kapolri Tito Karnavian yang pernah mendapatkan perintah dari presiden untuk mengusut pungli pembuatan SIM. “ini masalah kecil ga usahlah diperbesar? Masalah kecil ini pernah disuarakan Pak @jokowi. th 2016 lalu, saat itu Presiden perintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk usut pungli dalam pembuatan SIM. 5 tahun berjalan, masalah ini belum juga selesai,” cuit Emerson.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sambut Balapan Mandalika, Wisudawan di Lombok Berpakaian Balap

Sambut balapan di Mandalika, wisudawan Poltekpar ikuti wisuda drive thru mengenakan kostum balap.

Kelamaan Parkir Selama Pandemi, Waspada Ban Mobil Alami Flat Spot

Waspada kelamaan parkir bisa bikin ban mobil alami kasus flat spot.

Wuling Formo S Diperkenalkan, Harga Rp150 Jutaan

Wuling Formo S diperkenalkan dan dibanderol dengan harga Rp150 Jutaan.

Honda Jazz: Kisah Berakhir di Februari, Dilepas Mantan Seharga?

Harga Honda Jazz Oktober 2021 di Kota Solo dan sekitarnya.

Harley Davidson LiveWire Tanpa Suara Blar... Lha Pakai Tenaga Listrik!

LiveWire, Harley-Davidson tanpa suara garang karena menggunakan tenaga listrik.

Pandemi, Sekitar 1,5 Juta Pekerja Otomotif Indonesia Selamat dari PHK

Pekerja di industri otomotif indonesia disebut seluruhnya selamat dari badai PHK.

Bidik Pengusaha Kurir, Isuzu Luncurkan Traga Blind Van

Isuzu Indonesia luncurkan mobil untuk mendukung pengusaha bisnis kurir dan logistik.

Masalah Fuel Pump dan ECU, Toyota Recall 2 Jenis Mobil

Toyota recall dua jenis mobil, salah satunya Toyota 86.

Unik, Mobil Listrik Tiga Roda Berbekal Fitur Tambang Kripto

Mobil listrik tiga roda berbekal fitur trading kripto.

Coba Tanya Kakek, Kenal Bus Tua di Kota Solo Ini?

Nostalgia bus tua yang pernah beroperasi di jalanan Kota Solo.

6 Kisah Gagal Nanjak di Karanganyar, Nomor 3 Sulit Dilupakan

6 Kisah gagal menanjak di beberapa medan jalan di Karanganyar.

Kendaraan Serbu Antar Presiden Jokowi, Ganas Juga Spesifikasinya

Spesifikasi kendaraan taktis (Rantis) P6 ATAV V1 atau kendaran serbu segala medan yang ditunggangi Presiden Jokowi di Tarakan.

Daihatsu Ajak Sahabat Bagikan Cerita Terbaik

Daihatsu kembali mengajak Sahabat Daihatsu untuk berbagi cerita melalui program bertajuk Daihatsu Setia: Daihatsu Seiring Waktu.

Setelah Thomas Cup, Bendera Indonesia Tak Berkibar di Sirkuit Mandalika

Bendera Indonesia terancam tak berkibar di Sirkuit Mandalika

Kecelakaan Bos Indomaret: 4 Poin Penting Mengemudi di Sekitar Truk&Bus

Empat poin penting berkendara di sekitar truk dan bus.

Hyundai Kona dan IONIQ Electric, Mobil Ramah Lingkungan yang Kaya Fitur

Dua buah mobil listrik, IONIQ dan Kona Electric, produksi PT Hyundai Motors Indonesia dipercaya menjadi mobil yang ramah lingkungan.