SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Wacana tersebut beberapa waktu lalu memang sempat mencuat

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemkab Sleman mengaku belum mendengar secara resmi wacana pelaksanaan ujian nasional berbasis esai. Bahkan, pengadaan sejumlah komputer kepada sekolah untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga sudah dilakukan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sleman Arif Haryono menjelaskan, jika wacana tersebut beberapa waktu lalu memang sempat mencuat. Hanya saja, secara resmi memang belum ada kabar, arahan maupun keputusan soal perubahan ini. “Memang pernah ada wacananya tapi nanti kaitannya dengan sistem koreksi, padahal berbasis komputer,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (28/11/2017).

Maksudnya, selama ini sistem dan pelaksanaan koreksi dari ujian siswa dilakukan secara terkomputerisasi dari pusat. Meski demikian, ia menilai jika pemberlakukan ujian berbasis esai memang punya keunggulannya sendiri. Siswa akan berlajar untuk mengeksplorasi pemahamannya akan materi yang sudah diberikan di sekolah lewat esai yang ditulisnya.

Hanya saja, metode pengkoreksiannya memang lebih rumit dan membutuhkan perhatian dibandingkan sistem pilihan ganda sebagaimana yang diberlakukan saat ini. Ujian berbasis esai, tambah Arif, mungkin saja bisa dilaksanakan di ujian sekolah berbasis nasional (USBN) karena pihak sekolah lah yang nanti akan melaksanakan koreksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya