Soal PKL TSTJ, DPRD Solo Ingatkan Pemkot Pentingnya Nguwongke Uwong

Ketua Komisi II DPRD Solo Honda Hendarto mengingatkan Pemkot mengenai prinsip nguwongke uwong dalam menangani PKL TSTJ.

 Ketua Komisi II DPRD Solo yang juga Anggota Banggar DPRD Solo, Honda Hendarto, menyampaikan aspirasinya saat rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Solo, Kamis (8/9/2022) sore. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ketua Komisi II DPRD Solo yang juga Anggota Banggar DPRD Solo, Honda Hendarto, menyampaikan aspirasinya saat rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Solo, Kamis (8/9/2022) sore. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Komisi II DPRD Solo Honda Hendarto mengingatkan Pemkot akan prinsip nguwongke uwong atau memanusiakan manusia dalam menangani para pedagang kaki lima atau PKL TSTJ Solo.

Peringatan itu disampaikan Honda menanggapi munculnya wacana memindahkan para PKL Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) ke Selter Manahan setelah sebelumnya para pedagang menolak dipindah ke pasar tradisional.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Honda mempertanyakan apakah rencana itu sudah dikomunikasikan dengan para pedagang, baik pedagang TSTJ maupun pedagang Selter Manahan. Politikus PDIP itu menekankan pentingnya rembukan atau komunikasi dalam setiap permasalahan.

“Kalau di Selter Manahan, pedagang lama ke mana itu nantinya? Terus kuwi uwes diomongke karo pedagang Selter Manahan apa durung? Nah, aja anu sik lah. Nek aku, aja gawe kaya ngono sik. Tapi diajak rembukan sik, komunikasi sik,” ujar dia, Senin (3/10/2022).

Honda mengaku kasihan dengan para PKL TSTJ Solo yang menurutnya merupakan kaum Marhaen. Sebuah kebijakan yang menyinggung nasib rakyat kecil seperti para pedagang, menurut Honda, harus benar-benar disiapkan dengan matang.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Tawarkan Selter Manahan, PKL TSTJ Tetap Tak Mau Pindah

“Kaum Marhaen, pedagang-pedagang kecil, UMKM dan sangat UMKM ditanya dulu, jenengan bagaimana. Lalu dicarikan solusi terbaik,” katanya. Lebih jauh Honda mengingatkan pentingnya untuk selalu mengedepankan adab orang timur.

Seperti memanusiakan para pedagang yang notabene mempunyai keluarga yang menjadi tanggung jawab mereka. “Itu lah namanya ngewongke uwong. Awake dewe wong timur, adabe nguwongke uwong. Aku diajarine koyo ngono,” imbuhnya.

Surati Direktur TSTJ Solo

Bila belum apa-apa para PKL TSTJ Solo langsung diminta pindah, menurut Honda, akan sangat memberatkan. Termasuk para pedagang Selter Manahan, bila langsung diatur jam berjualannya, menurutnya akan sangat merugikan mereka.

Baca Juga: Paguyuban PKL Selter Manahan Solo Tolak Penempatan Pedagang TSTJ

“Padahal mereka sudah punya pelanggan. Yang penting semua dikomunikasikan, sudah setel kabeh, baru dilaksanakan. Utamanya menaikkan pelaku UMKM menjadi UKM. Kasihan mereka. Pedagang isuk wis mangan mbuh durung,” sambungnya.

Disinggung langkah Komisi II DPRD Solo untuk memperjuangkan para pedagang TSTJ, menurut Honda, telah diserahkan kepada pimpinan DPRD Solo. Secara kelembagaan, DPRD Solo akan melayangkan surat kepada Direktur TSTJ Solo.

“Pimpinan DPRD Solo akan berkirim surat kepada Direktur TSTJ Solo. Kan yang disampaikan para pedagang kemarin, mereka disuruh keluar sama Direktur TSTJ. Sepengetahuan saya, pengelola perumda itu adalah Direktur TSTJ,” tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Solo Siapkan Selter Manahan untuk Pedagang TSTJ

Isi surat itu, menurut Honda, pada prinsipnya bagaimana agar para PKL bisa tetap berjualan di kawasan TSTJ Solo. Bila memang dibutuhkan peningkatan atau upgrade, dia menilai menjadi tanggung jawab atau kewajiban dari dinas terkait untuk melakukan hal itu.

“Pada prinsipnya untuk tetap pedagang bisa berjualan di dalam melalui pembinaan-pembinaan, yang namanya UMKM naik kelas. Bina lah, biar jualan lebih bagus, bagaimana biar bisa jadi bersih, bila mau jualan kopi ya kudu dilatih,” urainya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kembangkuning dan Manggis Jadi Daerah Rawan I Pilkades Serentak Boyolali 2022

      Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, mengungkapkan Polres Boyolali telah membagi tingkat kerawanan masing-masing desa dalam Pilkades Serentak 2022.

      Digelar Besok, Ini Kisi-Kisi Ujian CAT PPK di Boyolali

      Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menyampaikan ada beberapa pengetahuan yang wajib diketahui sebagai calon petugas PPK seperti pengetahuan terkait kepemiluan dan pilkada, partai, dan wawasan kebangsaan.

      Gibran Ungkap Alasan Ubah Jl Diponegoro Solo Jadi Jl Ngarsapura: Untuk Branding

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut alasan munculnya wacana mengubah Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura untuk kepentingan branding wisata.

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.