Tutup Iklan

Soal Penghasilan Tukang Parkir dan Topi Kerucut Bikin Peserta UNBK SMP 2019 Emosi

Pelaksanaan ujian nasional (UN) bagi siswa SMP sederajat di hari kedua, Selasa (23/4/2019), cukup membuat heboh. Kali ini, peserta emosi diminta menghitung penghasilan tukang parkir dan luas kain untuk membuat topi kerucut.

Soal Penghasilan Tukang Parkir dan Topi Kerucut Bikin Peserta UNBK SMP 2019 Emosi

SOLOPOS.COM - Suasana Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). (M. Ferri Setiawan )

Solopos.com, SOLO – Pelaksanaan ujian nasional (UN) bagi siswa SMP sederajat di hari kedua, Selasa (23/4/2019), cukup membuat heboh. Mata pelajaran yang diujikan di hari kedua adalah Matematika. Seperti biasa, peserta ujian nasional mengeluhkan sulitnya soal matematika yang dikerjakan.

Keluhan peserta ujian nasional tersebut disampaikan lewat kolom komentar di akun resmi Instagram milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, @kemdikbud.ri. Peserta ujian nasional menilai soal matematika sangat sulit dan menguras energi.

Bahkan, peserta menilai ada soal ujian nasional yang sangat sulit dikerjakan karena pertanyaannya tidak masuk akal. Kali ini, peserta ujian nasional ramai membahas soal tentang cara menghitung ukuran kain untuk membuat topi. Mereka juga ramai membahas tukang parkir yang menjadi subjek di soal cerita ujian nasional tersebut.

“Ini menguji otak apa menguji kesabaran sih pak? Emosi saya,” tanya @isyaaaafjrn_.

I love matematika. Dia bisa membuatku terdiam beberapa jam,” imbuh @vinafbriani.

Datang niatnya mau ngerjain soal. Tapi, malah soal yang ngerjain gue,” tulis @ario.f_.

Tadi gue ngerasa jadi profesor. Buat rumus sendiri,” imbuh @d_fakr11.

Pak, kan tadi UNBK mata pelajaran matematika, kok disuruh mengukur kain buat topi yang kaya di film kartun George. Aku tuh sekolah biar bisa menggapai cita-cita saya pak. Bukan jadi pembuat atau penjual topi. Peka sedikit dong, pak. Sakit tahu, pak,” imbuh @anrysum_01.

Dari kecil belajar matematika mentok pakai kalkulator, pak. Enggak ada tuh ngerjain matematika pakai embel-embel tanggal kalender,” sambung @aggtwulandari.

“Pak, kenapa saya disuruh menghitung luas kain? Kan bapak saya yang mau membuat topi, bukan saya,” imbuh @amirrasyafira19.

“Harusnya tadi kita bawa kalender deh sekalian bawa tukang parkir. Terus bawa topi kerucut,” lanjut @nabilaofficial2.

“Tolong, pak. Tukang parkir itu banyak. Enggak cuma satu di Indonesia. Terus saya mau ngitung uang tukang parkir yang mana ini? Pendapatan dan rezeki orang kan beda-beda, pak. Tolonglah jelaskan, pak,” lanjut @andinia._ menimpali.

Berita Terkait

Berita Terkini

Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Meskipun ibu kota negara terletak di pesisir Kalimantan, tetapi batu-batuannya merupakan batuan tua.

Habis Lebaran, Siaga Covid-19 Klaster Keluarga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19 klaster keluarga setelah Lebaran.

Jangan Mendadak "Bagong"

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis, 6 Mei 2021. Esai ini karya Agung S.S. Raharjo, Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Badan Ketahanan Pangan Kementeria Pertanian.

Sandara Park Resmi Hengkang dari YG Entertainment

Pada Mei 2009, Sandara Park, dengan nama panggung Dara, memulai debutnya bersama 2NE1.

Sempat Dilanda Kebakaran, Kelenteng Sam Poo Kong Tetap Buka

Wisata Sam Poo Kong tetap buka. Bagi wisatawan yang mau berkunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

4 Jam Galang Dana Untuk Palestina, Sukarelawan Muhammadiyah Sragen Himpun Rp51,7 Juta

Sukarelawan Muhammadiyah Sragen berhasil mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan lebih dari Rp51 juta yang akan dikirim ke Palestina.

Roro Mendut, Kisah Romansa Legendaris dari Pesisir Utara Jawa

Kota pesisir pantura, Pati, memang memiliki beragam kisah legenda dan mitologi, salah satunya adalah Roro Mendut.

Tak Boleh di Rumah, Warga Solo Positif Covid-19 Wajib Karantina di Asrama Haji Donohudan

Mulai Senin (17/5/2021) warga Solo yang positif Covid-19 dilarang karantina mandiri di rumah, tetapi wajib ke Asrama Haji Donohudan.

129 ASN Sragen Absen Kerja di Hari Pertama Masuk Setelah Lebaran 2021

Sebanyak 129 ASN di lingkungan Pemkab Sragen absen pada hari pertama masuk kerja setelah Lebaran 2021 karena izin dan cuti.

650 Personel TNI AU Disuntik Vaksin Astrazeneca Di RSAU Solo, Ada Efeknya?

RSAU Solo di Colomadu, Karanganyar, sudah menyuntikkan 1.300 dosis vaksin Covid-19 dari Astrazeneca kepada 650 personel TNI AU.

KUA Pondok Gede Tanggapi Isu Rencana Pernikahan Ayus dan Nissa Sabyan

Sebagaimana diketahui KUA Pondok Gede merupakan daerah domisili Nissa Sabyan.

Dies Natalis ke-21, FISKOM UKSW Bantu Mahasiswa NTT

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah mendorong FISKOM UKSW Salatiga melakukan berbagai adaptasi.