Tutup Iklan

Soal Penghapusan Grid Girl, Moto GP Emoh Tiru F1

Soal Penghapusan Grid Girl, Moto GP Emoh Tiru F1

SOLOPOS.COM - Seorang pembalap dengan umbrella girl yang setia memayunginya. Ist/google image

Formula 1 2018 resmi meniadakan grid girl.

Solopos.com, MADRID — Penghapusan grid girl atau gadis pendamping para pembalap di Formula 1 (F1) mulai musim 2018 terus menuai kritikan. Setelah Bernie Ecclestone dan Niki Lauda geram dengan kebijakan itu, giliran petinggi Moto GP buka suara dengan aturan anyar di ajang jet darat. Moto GP memastikan tak akan mengikuti jejak F1 karena menilai pelarangan grid girl sebagai bentuk “diskriminasi”.

Pemilik baru F1, Liberty Media, Rabu (31/1/2018) kemarin, menyatakan tak akan menggunakan lagi grid girl sebagai bagian dari balapan. Selain tak lagi cocok dengan imej F1, grid girl dianggap tidak memberi dampak signifikan terhadap popularitas ajang balapan tersebut. Keputusan itu kemudian menjadi perbincangan di seluruh dunia dan mengisi halaman utama di banyak surat kabar.

[Baca: F1 Hilangkan Grid Girl Mulai Musim Ini]

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengatakan Moto GP tidak berminat mengikuti langkah F1 yang melarang keberadaan grid girl. Dia menilai upaya tersebut merupakan bentuk diskriminasi pada perempuan. “Mengatakan tidak pada wanita tampaknya salah menurut saya,” ujarnya seperti dilansir Motorsport, Jumat (2/2/2018).

Hal senada disampaikan juara bertahan Moto GP, Marc Marquez. Rider Honda ini menilai tak ada yang salah dengan grid girl sepanjang tidak melanggar norma-norma tertentu. Menurut Marquez, keberadaan grid girl layak dihormati seperti halnya profesi lain. “Itu cuma sebuah pekerjaan, sama seperti yang lain dan banyak orang mendedikasikan diri pada hal itu.”

Mantan supremo F1, Bernie Ecclestone, bahkan secara frontal menyebut pelarangan grid girl sebagai kebijakan munafik. Dia tak melihat alasan bagi siapapun untuk tersinggung dengan keberadaan para perempuan itu. “Negara saat ini sedikit munafik. Gadis-gadis tersebut bagian dari pertunjukan. Pembalap dan penonton menyukai mereka,” sembur Ecclestone dilansir The Sun.

Disinggung penampilan grid girl yang menjurus seronok, dia menampik. “Mereka berpakaian dengan baik. Saya pikir Rolex dan Heineken [sponsor F1] tidak akan memiliki gadis yang tidak rapi di sana.”

Seorang grid girl, Rebecca Cooper, pun gemas ingin mengomentari aturan yang menghilangkan ladang penghasilannya. Dia menilai pelarangan grid girl tidak ada hubungannya dengan memperjuangkan harkat dan martabat perempuan, melainkan hanya sebatas hitung-hitungan komersial.

“Mereka mengatakan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Menghentikan kami dari pekerjaan yang kami cintai,” cuit Copper melalui akun Twitter-nya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.