SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tengah mengkaji pemindahan ibu kota. Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil pun mengungkapkan sudah tersedia lahan untuk ibu kota baru negara Indonesia tersebut.

“Yang jelas Pak Presiden mengatakan di luar Jawa. Kita sudah ada,” kata Sofyan di komplek Istana, Jakarta, Jumat (3/5/2019), seperti dilansir detik.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sofyan enggan mengungkapkan lebih gamblang di mana lahan tersebut. Menurutnya, alasan pemerintah masih menyembunyikan daerah calon ibu kota negara yang baru agar tidak ada spekulan tanah yang bermain. Dia hanya menyebut lahan itu mencapai ratusan ribu hektar.

“Sekarang kenapa enggak dikasih tahu lokasi karena nanti banyak sekali spekulan tanah. Daerah ini tanah negara. Mungkin sekitar 300-an ribu hektar. Supaya nanti kota masa depan yang bagus yang ada taman luas,” terangnya.

Menurut Sofyan, ratusan ribu hektar lahan calon ibu kota negara baru ini statusnya milih negara. “Kalau di luar Jawa masih banyak sampai ratusan ribu hektar. Karena tanah negara, jadi tanah negara itu ya misalnya kalau kawasan hutan dilepaskan kawasan hutan jadi bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya