Kategori: Nasional

Soal Kursi Ketua DPR, Politikus PDIP: Mbak Puan Diberi Tantangan Lebih Tinggi


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA - Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini. PDIP memastikan Puan Maharani bakal menjabat Ketua DPR RI.

"Betul," kata politikus PDIP Eva Kusuma Sundari saat ditanya kepastian Puan Maharani menjabat Ketua DPR RI, kepada wartawan, dilansir Detik.com, Selasa (1/10/2019).

Eva lantas mengungkap sejumlah alasan penunjukan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI. "Senioritas, dia kan pada saat di eksekutif pada posisi yang tidak sekadar menteri, dia Menko kan," kata Eva.

"Jadi penghormatan. Seperti Yasonna Laoly lah, sudah jadi menteri balik jadi DPP, dulu kan belum DPP. Menurutku ini adalah apresiasi berupa penjenjangan karir ya. Masak, sudah bagus mau ditaruh di sekadar anggota kan enggak mungkin kan, apalagi kita kan punya jatah di MD3 sebagai Ketua DPR karena pemenang," sambung Eva.

Penunjukan Puan sebagai Ketua DPR RI juga merupakan penugasan langsung dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ini juga sekaligus jadi tantangan untuk Puan Maharani ke depan.

"Di antara kita di dalam ya, terutama DPP ini kan penugasan-penugasan itu kan dari DPP ya. Jadi menurutku Mbak Puan diberi tantangan yang lebih tinggi dari Menko, yaitu Ketua DPR. DPR kan lembaga kekuasaan ya, tiga lembaga kekuasaan dalam demokrasi," kartanya.

Semua elite PDIP sendiri sudah di-brief soal penempatan Puan sebagai Ketua DPR RI. Tentu saja semua mendukung keputusan DPP PDIP.

"Aku enggak tahu suratnya, tapi di rapat internal itu briefing kepada kita itu skenarionya seperti itu, bahwa DPP memberikan penugasan baru maka diminta seluruh anggota untuk mendukung kelancaran penugasan ini," pungkasnya.

Dimodifikasi pada Selasa, 1 Oktober 2019 14:15

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf