Soal Kerusuhan Persis Solo, Ini Kata Wali Kota Madiun

Pemerintah Kota Madiun buka suara soal insiden kerusuhan yang terjadi saat derby Mataram antara Persis Solo melawan PSIM Jogjakarta, Jumat (16/8/2019) lalu.

Soal Kerusuhan Persis Solo, Ini Kata Wali Kota Madiun

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo saat bertanding di Stadion Wilis, Kota Madiun, beberapa waktu lalu. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun buka suara soal insiden kerusuhan yang terjadi saat derby Mataram antara Persis Solo melawan PSIM Jogja, Jumat (16/8/2019) lalu. Pemkot masih akan mengizinkan Persis Solo untuk home base di Madiun pada musim ini. 

Pada insiden kericuhan sebelumnya, yakni saat Persis Solo melawan Martapura FC di Stadion Wilis, Minggu (14/7/2019) lalu, pagar pembatas tribune stadion rusak. Kala itu, Wali Kota Madiun, Maidi, mengancam akan memutus kontrak jika suporter Persis Solo berulah lagi. 

Maidi menegaskan Persis Solo masih bisa menggunakan Madiun sebagai home base dan memanfaatkan Stadion Wilis sampai laga di Liga 2 Indonesia berakhir. Ia menilai kericuhan saat derby Mataram itu bersifat internal. 

Disinggung soal salah satu wartawan di Madiun yang diintimidasi dan dipukul menggunakan helm oleh suporter Persis Solo, Maidi menganggap itu insiden yang bersifat internal. Ia menilai kericuhan lalu tidak berdampak pada masyarakat Madiun secara umum.

“Kalau permasalahan wartawan kan urusan internalnya dia [Persis]. Kemarin itu kan kericuhan internal saja. Internal artinya pemkot tidak ada kerugian. Kemarin ada mobil yang rusak, itu kan mobilnya sendiri. Kejadian kemarin tidak ada yang merusak aset pemkot,” ujar dia kepada wartawan di Alun-alun Madiun, Selasa (20/8/2019). 

Meski masih mengizinkan Persis Solo menggunakan Madiun sebagai home base, Maidi juga menyampaikan Persis harus memenuhi sejumlah syarat. Salah satunya, siapa pun kelompok yang membawa suporter harus ada yang bertanggung jawab ketika terjadi kerusuhan. Meskipun itu kerusuhan di internal. 

Dia juga menegaskan saat Persis Solo bertanding, para suporter tidak boleh merusak dan membuat resah masyarakat di Kota Madiun. Sebelum pertandingan, manajemen Persis Solo akan dipanggil untuk menyampaikan kesiapannya. 

“Sampai terjadi meresahkan masyarakat Madiun tidak boleh. Akan kita cut!” tegasnya. 

Mempertahankan Persis Solo supaya tetap di Madiun, lanjut Maidi, tidak hanya persoalan pendapatan daerah yang didapat dari sewa gedung Balai Diklat dan Stadion Wilis. Tetapi, keberadaan Persis Solo dianggap bisa menjadi penyemangat tim sepak bola PSM Madiun. 

Dengan permainan Persis Solo yang bagus dibarapkan bisa menular ke permainan ke PSM Madiun.

Berita Terkait

Berita Terkini

Datang ke Semarang, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Bawa Bantuan

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan bantuan kepada para nakes di Semarang dan meminta mereka bersabar menangani pasien Covid-19.

Diskominfo Klaten dan Bea Cukai Surakarta Gelar Lomba Film Pendek Berhadiah Rp47 Juta, Ikutan Yuk!

Pendaftaran lomba film Stop Cukai Ilegal dibuka 23 Juli 2021-30 Agustus 2021 dengan memperebutkan hadiah total senilai Rp47 juta.

Ikatan Cinta 29 Juli 2021: Akhirnya Diseret ke Penjara, Apakah Elsa Masih Bisa Berkelit?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 29 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Viral Bakul Bawang di Pasar Mirip Sule, Netizen Salfok

Video yang memperlihatkan pedagang dengan wajah mirip artis dan pelawak Sutisna atau Sule yang mengangkut karung di pasar menarik perhatian netizen.

Bocah SMP asal Sleman yang Meninggal di Rumah Sempat Minta Ibunya Segera Pulang

Ketua RT meyakini bocah SMP asal Sleman yang ditemukan meninggal dengan luka senjata tajam itu korban pembunuhan.

Profil Fiersa Besari, Penulis & Musisi Romantis yang Doyan Jelajah Alam

Berikut profil Fiersa Besari, penulis buku dan musisi romantis yang suka jelajah alam serta aktif di media sosial.

Mau Beli Rumah, Ini Tips Pilih Lokasi Perumahan yang Ideal

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya.

Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy M32, Ponsel Teknologi Hyper Engine

SamsungĀ  Galaxy M32 resmi hadir di Indonesia pada Rabu (28/7/2021), dan memiliki spesifikasi yang menarik untuk disimak.

Kupat Glabed, Pengganjal Perut Terpopuler di Tegal

Dinamakan glabed karena tekstur kuahnya yang kental. Glabed sendiri merupakan istilah lokal masyarakat Kota Bahari untuk menyebut kuah dengan tekstur kental.

BNI Kantor Cabang Surakarta Percepat Penyaluran Bansos di Sragen dan Karanganyar

Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Surakarta melakukan upaya percepatan penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar

Bocah SMP asal Kalasan Sleman Ditemukan Meninggal di Rumah dengan Bekas Luka

Remaja 16 tahun yang masih duduk di bangku SMP di Kalasan, Sleman, ditemukan meninggal dengan bekas luka senjata tajam. Diduga Jadi korban pembunuhan.

Kematian Pasien Corona di Soloraya Tinggi, BNPB: Butuh Perhatian Khusus

Kepala BNPB menyebut angka kematian pasien corona di Soloraya cukup tinggi hingga memerlukan perhatian khusus.