Soal Jam Buka Saat Nataru, Pengelola Mal Solo Instruksi Resmi Wali Kota

Pengelola mal dan pusat perbelanjaan Kota Solo masih menunggu surat edaran resmi dari Wali Kota terkait penambahan jam buka selama penerapan PPKM level 3 Nataru.

 Food and beverage Solo Grand Mall mulai buka kembali seusai status PPKM Solo turun menjadi Level 3. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Food and beverage Solo Grand Mall mulai buka kembali seusai status PPKM Solo turun menjadi Level 3. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pengelola mal di Solo masih menunggu surat edaran (SE) Wali Kota terkait jam buka maupun pembatasan jumlah pengunjung selama penerapan PPKM Level 3 Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot berencana menambah jam buka atau operasional mal dan pusat perbelanjaan dari semua pukul 10.00 WIB-21.00 WIB menjadi pukul 09.00 WIB-22.00 WIB. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan pada jam-jam tertentu.

PromosiMengenal Tradisi Sendang Unik dan Sakral di Sendang Gambir Salatiga

Terkait rencana penambahan jam buka itu, pengelola mal di Solo sudah melakukan sejumlah persiapan, terutama sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan. Pada sisi lain, mereka berharap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 nanti tidak berdampak banyak pada operasional mal.

Baca Juga: Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Mereka juga berharap prediksi gelombang ketiga penularan Covid-19 di akhir tahun ini tidak benar-benar terjadi. General Manager Solo Grand Mall (SGM), Bambang Sunarno, mengatakan pandemi Covid-19 telah membawa dampak kurang baik dalam dunia usaha, termasuk ritel.

“Terpukulnya luar biasa. Namun saat ini kami sudah mulai merangkak naik. Hanya, kalau ada prediksi terjadi gelombang ketiga, kalau benar-benar terjadi, wah, tidak tahu nanti seperti apa. Semoga saja tidak,” katanya, belum lama ini.

Ia mengatakan sejak adanya pelonggaran kegiatan masyarakat, saat PPKM sudah turun level, jumlah pengunjung pun sudah berangsur pulih. Sementara mengenai rencana peningkatan level PPKM menjadi level 3 pada momentum Nataru nanti, ia berharap tidak akan berdampak banyak pada kunjungan warga ke mal.

Baca Juga: Ada Pohon Natal Ramah Lingkungan di 2 Hotel Solo, Begini Penampakannya

Penerapan Prokes

Bambang juga berharap masyarakat Solo dan sekitarnya tetap patuh menjalankan protokol kesehatan. Dengan begitu potensi penularan Covid-19 dapat tetap ditekan.

“Semoga di Solo tetap tertib menjalankan prokes [protokol kesehatan] dan turun di level 1,” jelasnya. Sejauh ini, SGM menurutnya terus berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung dari persebaran Covid-19.

Sementara itu, Chief Marcomm Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, mengatakan sejauh ini Solo Paragon Mall terus menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dalam menyambut pengunjung. Veronica mengatakan persiapan yang dilakukan sama seperti level-level saat ini.

Baca Juga: Tak Ada Libur Nataru, Volume Kendaraan Masuk Solo Diprediksi Tetap Naik

Veronica mengaku sudah membaca Inmendagri yang menyebut jam buka mal boleh justru ditambah dari pukul 09.00-22.00 WIB. “Kemudian anak di bawah 12 tahun tidak boleh masuk mal. Tapi kan itu masih dari pusat, kami nanti mengacunya pada Surat Edaran [SE] Wali Kota. Jadi kami menunggu dulu. Kami ikuti apa pun ketentuan di SE itu,” jelasnya.

Ia berharap nantinya tidak ada batasan usia untuk pengunjung mal. Selain itu tenant mal tetap bisa buka seperti biasanya. “Sebab kami rasa masyarakat saat ini sudah lebih sadar. Kalau ada peningkatan level atau ada indikasi Covid-19 naik, mereka juga akan menahan diri untuk keluar walaupun mal buka,” katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Antisipasi PMK, Pedagang Dan Peternak Sapi di Solo Diminta Lakukan Ini

Tim gabungan DKPP dan Polresta Solo memberikan sejumlah arahan kepada pedagang dan peternak kambing serta sapi untuk antisipasi wabah PMK.

Harga Tiket Bus di Terminal Wonogiri Mulai Turun, Jadi Berapa?

Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mulai tampak normal dua pekan selepas Lebaran 1443 H/2022 M.

Pemegang HGB: Eks Pabrik Karung Goni Delanggu Klaten Tak Dijual

Hak guna bangunan (HGB) eks Pabrik Gula (PG) Delanggu yang pernah menjadi pabrik karung goni sejak tahun 2000 dipegang oleh seorang pengusaha asal Pekalongan.

Inilah Mustakim, Pesilat Klaten Hobi Ngarit yang Bikin Harum Bangsa

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (16/5/2022).

Obati Kangen, Umat Buddha Solo Rayakan Waisak di Vihara Dhamma Sundara

Sekitar 80 orang umat Buddha mengobati kerinduan merayakan Hari Raya Waisak di Vihara Dhamma Sundara Solo setelah dua tahun vakum gegara pandemi Covid-19.

Gagal Raih Emas SEA Games, Ibunda Mustakim Pesilat Klaten Ikut Menangis

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (16/5/2022).