SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Sekitar sembilan pengembang perumahan yang menggunakan jalan perkampungan Purbayan RT 3/RW V, Baki, untuk pengiriman bahan bangunan sanggup bertanggung jawab atas kerusakan jalan.

Rencananya mereka akan menandatangani surat resmi akan kesanggupan itu, Senin (22/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kesanggupan itu dilontarkan para wakil pengembang yang hadir dalam pertemuan bersama warga di kediaman ketua RT setempat, Sabtu (20/11). Kades Purbayan, Budi Sriyanto, mengatakan pertemuan itu disaksikan tokoh warga dan sejumlah anggota BPD serta Ketua RT 3, Hono.

“Pengembang sepakat dan sanggup memperbaiki jalan. Mereka sendiri yang akan membuat surat hitam di atas putih, rencananya besok (hari ini-red) mereka menandatangani surat itu,” ulas Budi saat terhubung dengan Espos, Minggu (21/11).

Dia mengatakan jalan yang akan diperbaiki itu panjangnya lebih dari 1.000 meter, mulai jalan masuk hingga ujung kampung tersebut. Namun, dia mengatakan alokasi dana untuk perencanaan pembangunan itu belum dipastikan.
“Soal dananya belum pasti, itu nanti dibicarakan oleh pengembang,” tambahnya.

Terpisah, Ketua RT Hono saat ditemui Espos di kediamannya, Minggu, menjelaskan para pengembang menyepakati akan memperbaiki jalan sepanjang 1,4 kilometer atau terdiri dari 20 patok. Dia menguraikan tanggung jawab membangun jalan itu akan dibagi terhadap sejumlah pengembang.

“Menurut perhitungan yang dilakukan di sela rapat, terdapat 1,4 kilometer panjang jalan yang akan dibangun nantinya. Pembangunan dibagi oleh para pengembang itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hono menjelaskan masing-masing patok terdiri dari bahu jalan seluas 70 meter persegi lari. Selain itu, dia mengatakan anggaran untuk pembangunan jalan itu direncanakan menelan dana Rp 85.000/meter perseginya.

Sementara itu, bambu yang dipalangkan warga di muka jalan perkampungan, tampak masih terpasang, Minggu. Hono menjelaskan palang itu akan dibuka oleh warga setelah para pengembang menunjukkan surat resmi kesediaan pertanggungjawaban perbaikan jalan tersebut.

“Ketua panitia perbaikan jalan dari pengembang sendiri, yakni Joko. Besok sekitar pukul 15.00 WIB, pengembang akan berkumpul dan menandatangani surat resmi kesediaan itu. Setelah surat ditunjukkan, kami akan membuka palang jalan,” tegasnya.

m85

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya