SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda membeli sejumlah makanan khas nusantara pada Bazar UMKM Indonesia 2023 di KBRI Seoul, Selasa (6/6/2023) siang waktu setempat. (Istimewa/Instagram @gandisulis)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan bagusnya desain mobil listrik motif batik Ioniq 5 produksi Hyundai.

Orang nomor satu di Kota Bengawan itu telah melihat langsung mobil tersebut dalam kunjungannya ke Korea Selatan (Korsel) beberapa hari ini. Sayang dia tak memfoto mobil tersebut karena tak diperbolehkan oleh produsen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran juga tak dibolehkan membocorkan spesifikasi mobil yang akan dirilis di ajang Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 di Jakarta. “Apik [desain Hyuandai Ioniq 5],” ujar dia, Kamis (8/6/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, ketika ditanyai lebih jauh tentang desain dan spesifikasi mobil tersebut, Gibran memilih bungkam. Dia meminta Solopos.com untuk menunggu rilis resmi dari Hyundai terkait berbagai informasi terkait mobil tersebut.

“Enggak boleh dibocorkan dulu. Tunggu statement resmi dari Hyundai ya,” saran dia. Termasuk ketika ditanya apakah Gibran akan menggunakan mobil Hyundai Ioniq 5 sebagai mobil dinas (Mobdin), dia tidak menjawab.

Ihwal opsi menggunakan Ioniq 5 sebagai mobil dinas Wali Kota Solo, menjadi salah satu pertanyaan pokok awak media baru-baru ini. Sebab pemerintah pusat sudah mendorong penggunaan kendaraan listrik di institusi pemerintahan.

Hal itu diatur dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7/2022 tentang Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Inpres tersebut ditetapkan pada 13 September 2022. Pada 2022 Gibran sempat mencoret anggaran pengadaan mobil dinas listrik karena akan digunakan untuk membiayai kegiatan lain. Langkah Gibran saat itu menuai kontroversi.

Disisi lain, dikutip dari Bisnis.com, Hyundai akan merilis edisi khusus mobil listrik Ioniq 5 untuk memperingati 50 tahun kerja sama Indonesia-Korsel. Ioniq 5 edisi batik hasil kerja sama Kedutaan Besar RI di Seoul, Pemkot Solo, dan Hyundai.

Dikarenakan merupakan edisi khusus, Ioniq akan diproduksi secara terbatas. Sejauh ini informasi terkait spesifikasi, harga dan desain Ioniq 5 masih sangat terbatas. Pihak produsen sengaja belum merilis informasi-informasi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya