SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Para siswa SMA di Solo diimbau tak gampang memercayai bocoran soal dan kunci jawaban Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang beredar melalui aplikasi pesan Line.

Sebagaimana diinformasikan, beberapa siswa SMA di Solo mengaku mendapatkan bocoran soal dan kunci jawaban UNBK 2019 melalui Line, Selasa (2/4/2019). Soal dan jawabannya itu untuk UNBK mata pelajaran Matematika.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VII Solo dan Sukoharjo, Suyanta, meminta para siswa tidak percaya dengan adanya kunci jawaban palsu yang banyak beredar menjelang pelaksanaan ujian nasional. Hal itu sangat merugikan.

“Kami juga mengimbau para siswa selalu berdoa dan fokus agar ujian berjalan lancar,” ujar Suyanta saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Rabu (3/4/2019).

Suyanta memastikan pelaksanaan UNBK di Wilayah VII berjalan lancar. “Hal itu karena pihak-pihak terkait sudah melakukan persiapan, mulai dari Dinas Pendidikan, sekolah, kepolisian dari segi keamanan, bahkan hingga ketersediaan listrik,” ujarnya.

Salah seorang siswa SMAN 5 Solo yang enggan disebutkan namanya sebelumnya mengaku dirinya dan beberapa siswa lain di sekolah tersebut sering mendapatkan tawaran oleh oknum tak dikenal untuk mendapatkan kunci jawaban. Kunci jawaban tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari Rp250.000 hingga Rp300.000.

Sayangnya, siswa tersebut mengaku tidak tahu menahu orang yang kali pertama menawarkan kunci jawaban tersebut. Informasi itu biasanya diperoleh dari para siswa yang disebar dari mulut ke mulut.

“Saya tahunya ya dari teman-teman. Tapi teman satu kelas saya, setahu saya juga tidak ada yang membeli, mungkin teman yang beda kelas ada,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya