SOLOPOS.COM - SBY dan Anies Baswedan dalam pembukaan Yudhoyono Institute di Jakarta Theatre, Kamis (10/8/2017) malam. (Twitter/@aniesbaswedan)

Solopos.com, PACITAN — Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu Presiden Ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY*ANI, Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023). 

Melansir akun Twitter @jansen_jsp, Wakil Sekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon berharap pertemuan Anies dengan SBY menghasilkan keputusan yang terbaik. 

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Turut menemani SBY menerima kehadiran Anies adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Diduga pertemuan Anies dan SBY terkait penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan berpasangan dengan Anies pada Pilpres 2024. 

“Semoga menghasilkan keputusan yg terbaik. Pacitan 1 Juni 2023,” tulis Jansen. Melansir Antara, Rombongan kendaraan yang membawa Anies tiba di Museum SBY*ANI Pacitan sekitar pukul 13.30 WIB dan menggelar pertemuan tertutup. 

Pintu gerbang kompleks museum yang dibangun khusus untuk mengenang almarhumah Ibu Negara ke-6 RI Kristiana Herawati atau Ani Yudhoyono itu langsung ditutup kembali begitu rombongan mobil yang membawa Anies masuk.

“Ini tadi langsung masuk ke wisma di Kompleks Museum SBY*ANI. Memang sangat ‘privat’ tidak ada informasi sama sekali pertemuan mereka (Anies, SBY, dan AHY),” kata Ketua DPD Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kabupaten Pacitan Bambang Widiarsa. 

Hingga rombongan Anies keluar lagi dari kompleks museum tak sepatah kata pun pernyataan disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu kepada awak media yang sudah menunggu di luar pintu gerbang. 

Sumber dari Partai Demokrat maupun Tim Relawan Anies tak satu pun yang memberikan informasi terkait hasil pertemuan dengan SBY tersebut. 

Pertemuan Anies, SBY, dan AHY di Pacitan dikabarkan dalam rangka memperkuat rencana pengumuman calon wakil presiden pada Pilpres 2024. 

Anies selaku calon presiden dari Koalisi Perubahan dikabarkan akan mengumumkan bakal calon wakilnya pada minggu ini atau paling lambat pekan depan.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan pembahasan nama cawapres untuk Anies mengerucut, sehingga dalam waktu dekat bisa diumumkan. 

Mardani menjelaskan, Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan Anies dan tiga partai pengusungnya sudah lama membahas nama cawapres yang cocok untuk Anies. 

Oleh sebab itu, dalam satu atau dua hari ke depan pasangan Anies dapat disampaikan ke publik. “Hasil [pembahasan cawapres] Tim Kecil kita mulai mengerucut, doakan satu dua hari ini sudah bisa menyebutkan nama,” ujar Mardani usai acara Bimteknas PKS di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023) malam.

Tak hanya itu, dia menyatakan kandidat cawapres Anies sudah mengerucut pada tiga nama yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher). 

Mardani mengungkap salah satu dari tiga nama itu sudah 80 persen pasti akan menjadi cawapres Anies. Meski demikian, dia tak menutup kemungkinan ada nama kejutan lain yang tiba-tiba muncul.

“Kemungkinan selalu ada tapi kalau saya bisa menyebutkan 80 persen tiga orang itu. Insya Allah, tapi kan politik itu 20 persen juga satu lain hal lah,” ujar anggota Komisi II DPR ini.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Cawapres 2024: Menunggu Keputusan Terbaik dari Pertemuan Anies dan SBY di Pacitan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya