SOLOPOS.COM - Roman Abramovich (mirror.co.uk)

Roman Abramovich (mirror.co.uk)

LONDON – Selama sembilan tahun memiliki Chelsea, Roman Abramovich, sudah memecat tujuh pelatih. Total dana yang dihabiskan The Blues diperkirakan mencapai nilai 86 juta poundsterling atau setara Rp1,3 triliun.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Sejak membeli Chelsea di tahun 2003, Abramovich pertama-tama memecat Claudio Ranieri yang kemudian dilanjutkan dengan memutus kontrak Jose Mourinho di bulan September 2007.

Pada saat memberhentikan manajer yang memberikan dua trofi Liga Inggris itu, Abramovich diberitakan harus merogoh koceknya senilai 18 juta pound dengan sisa kontrak 20 bulan.

Lalu Avram Grant datang dan diberhentikan pula di akhir musim 2007/2008. Chelsea kemudian merektur Felipe Scolari dan cuma tujuh bulan berada di Stamford Bridge, pria asal Brasil itu dipecat sebelum kontraknya yang berdurasi dua tahun usai.

Diperkirakan Chelsea harus mengeluarkan uang senilai lebih dari 10 juta pound untuk membayar Scolari karena nilai kontraknya adalah lima juta pound per tahun. Kemudian datanglah Carlo Ancelotti di musim 2009/2010 .

Lalu saat Ancelotti dipecat di musim keduannya, Abramovich harus mengeluarkan uang senilai 28 juta pound karena kontrak pria asal Italia itu masih tersisa setahun dengan bayaran 130 ribu pound per pekan.

Kemudian Abramovich merekrut Andre Villas-Boas dari Porto dengan kompensasi senilai 13,5 juta pound. Namun, cuma bertahan tujuh bulan dan Villas-Boas dipecat dengan pesangon senilai 18 juta pound.

Terakhir Roberto Di Matteo jadi korban ketidaksabaran Abramovich dan belum diketahui seberapa besar uang PHK yang diberikan pada manajer asal Italia yang dipecat usai laga melawan Juventus, Rabu (21/11/2012) itu.

Tapi jika ditotal sejak mengambil alih klub dari tangan Ken Bates, Abramovich total mengeluarkan sekitar 86 juta pound atau sekitar Rp1,3 triliun!

Dilansir dari media-media Inggris seperti Guardian, Dailymail, Telegraph, jumlah itu bahkan lebih besar dari total belanja Everton selama keikutsertaan mereka di Premier League yang berkisar di angka 80 juta pound atau setara dengan harga Cristiano Ronaldo sebagai pemain termahal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya