Soal Balapan di Sirkuit Mandalika, Ini Kata Adik Marc Marquez

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mencuri perhatian karena masuk dalam kalender sementara Moto GP 2022.

 Alex Marquez (Twitter - @HRC_MotoGP)

SOLOPOS.COM - Alex Marquez (Twitter - @HRC_MotoGP)

Solopos.com, SOLO – Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mencuri perhatian karena masuk dalam kalender sementara Moto GP 2022. Sejumlah pembalap top Moto GP turut berkomentar terkait penggunaan sirkuit tersebut.

Para pembalap itu mayoritas menyoroti kemanan membalap lantaran Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkuit jalanan. Juara bertahan Moto GP, Joan Mir, sempat menyebut balapan di sirkuit dengan konsep terbuka akan berbahaya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Gelar World Superbike, Begini Arahan Presiden Jokowi

Kemudian pembalap Repsol Honda juara dunia enam kali, Marc Marquez, menyebut perlu ada peningkatan keamanan. “Balapan di sirkuit terbuka tentu bukan hal yang lazim di balapan era sekarang, khususnya jika berbicara mengenai aspek keamanan. Jika standar keamanan sudah terpenuhi, tentu ini adalah hal yang bagus, tapi tentu tidak mudah,” kata Marquez seperti dikutip dari crash.net, pada Juni 2021 lalu.

“Jika kita bisa balapan di trek perkotaan pada masa depan pasti akan sangat menyenangkan. Namun, itu membutuhkan banyak hal di sektor keselamatan. Misalnya area run-off yang cukup panjang dan itu akan sangat sulit,” lanjut Marquez.

Adik Marc Marquez, Alex Marquez, juga sempat berbicara terkait hal itu. Pembalap LCR Honda itu yakin Sirkuit Mandalika bakal memikirkan faktor keamanan pembalap.

“Sirkuit jalan terbuka yang populer di tahun 1960-an dan 1970-an meninggalkan jejak gambar yang spektakuler. Namun di era sekarang sulit membayangkan untuk balapan [Moto GP] di sirkuit jalanan terbuka,” kata Alex Marquez seperti dikutip dari crash.net.

Baca Juga: Waduh! Juara Bertahan Moto GP Sebut Balapan di Mandalika Berbahaya

“Untungnya, ada peningkatan standar keamanan dari tahun ke tahun. Jika tingkat keamanan yang sama dengan sirkuit tertutup bisa diterapkan di sirkuit terbuka, kenapa tidak?”

“Sepertinya, tahun depan kita bisa balapan ke Indonesia yang memiliki sirkuit dengan tata ruang kota tetapi dengan tingkat keamanan yang tinggi,” tandas Alex.


Berita Terkait

Berita Terkini

Unggul Telak! Ini Head to Head Indonesia vs Denmark di Piala Thomas

Indonesia akan menghadapi Denmark di babak semifinal Piala Thomas 2021. Tim Indonesia ternyata superior terhadap Tim Denmark di ajang Piala Thomas.

Prediksi Skor & Line Up Watford vs Liverpool, Menang Besar The Reds?

Liverpool akan mendapat tantangan dari Watford pada pekan kedelapan Liga Premier Inggris.

Soal Aksi Suporter PSS Sleman, BCS: Nyuwun Ngapunten Sedulur Solo!

Jajaran Polresta Solo membubarkan ratusan orang yang diduga pendukung PSS Sleman di beberapa akses masuk Kota Solo

Susunan Pemain Indonesia vs Denmark di Semifinal Piala Thomas

Tim Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Mereka akan menghadapi Denmark.

Indisipliner, Pemain PSIS Semarang Ini Kena Potongan Gaji

Klub Liga 1 PSIS Semarang memberikan sanksi tegas kepada salah satu pemain yang dianggap indispliner.

Resmi, Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Adinda Raih Emas Terbanyak PON Papua dengan Pen Tertanam di Tangan

Adinda mengaku kerap merasakan ngilu, terlebih saat menyentuh dinginnya air, namun tekadnya kuat melewati semua rintangan dan tantangan.

Main di Solo, PSS Sleman Menang Tipis Atas Barito Putra

Kedua tim bermain cukup keras selama jalannya laga, Barito Putra mencuri gol terlebih dahulu di menit ke-17 lewat kaki Beni Oktavianto.

Selamat! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2021

Tim Indonesia berhasil memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Hal itu setelah mereka mengalahkan Malaysia di babak perempatfinal dengan skor 3-0.

Jawa Barat Juara Umum PON XX Papua, Jateng Digeser Bali

PON XX Papua secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, K.H. Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) malam.

Piala Thomas: Susunan Pemain Indonesia vs Malaysia, Vito Main Terakhir!

Pebulu tangkis Sukoharjo, Shesar Hiren Rhustavito, kembali masuk dalam skuad Tim Thomas Indonesia.

Jadwal Liga Italia Akhir Pekan Ini, Big Match Juventus vs Roma

Pekan kedelapan Liga Italia akan menyajikan sejumlah laga menarik.

Mahasiswi UNS Solo Raih Medali PON Saat Hamil, Rektor: Kuliah Gratis!

Mahasiswi UNS Solo, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

Sedang Hamil, Mahasiswi UNS Solo Raih Medali Pencak Silat PON XX Papua

Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, K.H. Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

Ini Dia Shesar Hiren Rhustavito, dari Sukoharjo Melejit di Piala Thomas

Shesar Hiren Rhustavito mencuri perhatian di panggung Piala Thomas 2021. Pebulu tangkis asal Sukoharjo itu menjadi penentu kemenangan Indonesia dalam dua laga beruntun.