SNMPTN 2015 : Tak Ada Cadangan, Ini Tahapan Setelah Diterima di PTN

SNMPTN 2015 : Tak Ada Cadangan, Ini Tahapan Setelah Diterima di PTN

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SNMPTN (Istimewa)

SNMPTN 2015 telah diumumkan sore ini. Bagi yang diterima, ada beberapa hal yang harus dilakukan calon mahasiswa.

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 2.861 calon dinyatakan lulus melalui jalur penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Namun, UNS tak menyertakan kursi cadangan.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Sutarno, mengemukakan, pihaknya tidak menempelkan fisik pengumuman hasil SNMPTN tersebut di kantor sekretariat SPMB kampus setempat. Namun pihaknya menginformasikan pengumuman itu di salah satu media cetak, Minggu (10/5).

“Rencananya kami men-download [mengunduh] pengumuman hasil SNMPTN tersebut kemudian mempublikasikannya di salah satu media cetak,” ujar Sutarno ketika ditemui wartawan di Fakultas Pertanian UNS Solo, Sabtu.

Wakil Rektor I UNS tersebut memastikan kali ini tidak ada cadangan kursi calon mahasiswa. Hal itu untuk menghindari permasalahan yang tidak diharapkan. Dia menambahkan melalui jalur SNMPTN 2015 tersebut, semua program studi di UNS dipastikan terisi.

Pihaknya mencatat, jumlah pendaftar jalur SNMPTN di UNS mencapai 50.673 orang dari 4.530 sekolah, baik di dalam negeri maupun sekolah Republik Indonesia (RI) di luar negeri. Jumlah itu terbagi atas 27.603 orang yang memilih UNS sebagai pilihan pertama dan sebanyak 23.070 orang yang memilih UNS sebagai pilihan kedua.

Dari jumlah tersebut, 11.422 orang di antaranya adalah pendaftar Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi. “Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pendaftar meningkat karena tahun sebelumnya hanya sekitar 49.000 orang,” ungkapnya.

UNS juga mencatat lima program studi (prodi) yang memperoleh pilihan terbanyak yaitu Prodi Manajemen, Prodi Pendidikan Dokter, Akuntansi, Ilmu Hukum dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dia menambahkan, pascapengumuman, calon mahasiswa yang lulus SNMPTN 2015 tersebut akan diminta antara lain mengisi biodata secara online, termasuk di antaranya memasukkan data penghasilan orang tua.

“Biodata tersebut untuk beberapa kepentingan, termasuk di antaranya untuk merumuskan besaran UKT [uang kuliah tunggal],” terangnya.

Selepas itu, dia mengatakan calon mahasiswa akan diundang untuk wawancara, kemudian akan ada masa sanggah selama tiga hari. Jika calon mahasiswa tersebut setuju, maka tahap selanjutnya adalah membayar dan melakukan registrasi.

Pengumuman hasil SNMPTN 2015 tersebut diumumkan Sabtu (9/5/2015) sore, pukul 17.00 WIB, dan dapat diakses melalui situs resmi www.snmptn.ac.id. Untuk bisa melihat pengumuman dilakukan dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir pada kolom yang disediakan. Setelah itu, silahkan klik tombol “Lihat hasil seleksi”.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

Pertanyaan TWK KPK: Pacaran Ngapain Aja?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai disorot karena ada pertanyaan yang dianggap aneh.