SOLOPOS.COM - Ilustrasi SNMPTN (Istimewa)

SNMPTN 2015 telah diumumkan sore ini. Bagi yang diterima, ada beberapa hal yang harus dilakukan calon mahasiswa.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 2.861 calon dinyatakan lulus melalui jalur penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Namun, UNS tak menyertakan kursi cadangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Sutarno, mengemukakan, pihaknya tidak menempelkan fisik pengumuman hasil SNMPTN tersebut di kantor sekretariat SPMB kampus setempat. Namun pihaknya menginformasikan pengumuman itu di salah satu media cetak, Minggu (10/5).

“Rencananya kami men-download [mengunduh] pengumuman hasil SNMPTN tersebut kemudian mempublikasikannya di salah satu media cetak,” ujar Sutarno ketika ditemui wartawan di Fakultas Pertanian UNS Solo, Sabtu.

Wakil Rektor I UNS tersebut memastikan kali ini tidak ada cadangan kursi calon mahasiswa. Hal itu untuk menghindari permasalahan yang tidak diharapkan. Dia menambahkan melalui jalur SNMPTN 2015 tersebut, semua program studi di UNS dipastikan terisi.

Pihaknya mencatat, jumlah pendaftar jalur SNMPTN di UNS mencapai 50.673 orang dari 4.530 sekolah, baik di dalam negeri maupun sekolah Republik Indonesia (RI) di luar negeri. Jumlah itu terbagi atas 27.603 orang yang memilih UNS sebagai pilihan pertama dan sebanyak 23.070 orang yang memilih UNS sebagai pilihan kedua.

Dari jumlah tersebut, 11.422 orang di antaranya adalah pendaftar Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi. “Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pendaftar meningkat karena tahun sebelumnya hanya sekitar 49.000 orang,” ungkapnya.

UNS juga mencatat lima program studi (prodi) yang memperoleh pilihan terbanyak yaitu Prodi Manajemen, Prodi Pendidikan Dokter, Akuntansi, Ilmu Hukum dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dia menambahkan, pascapengumuman, calon mahasiswa yang lulus SNMPTN 2015 tersebut akan diminta antara lain mengisi biodata secara online, termasuk di antaranya memasukkan data penghasilan orang tua.

“Biodata tersebut untuk beberapa kepentingan, termasuk di antaranya untuk merumuskan besaran UKT [uang kuliah tunggal],” terangnya.

Selepas itu, dia mengatakan calon mahasiswa akan diundang untuk wawancara, kemudian akan ada masa sanggah selama tiga hari. Jika calon mahasiswa tersebut setuju, maka tahap selanjutnya adalah membayar dan melakukan registrasi.

Pengumuman hasil SNMPTN 2015 tersebut diumumkan Sabtu (9/5/2015) sore, pukul 17.00 WIB, dan dapat diakses melalui situs resmi www.snmptn.ac.id. Untuk bisa melihat pengumuman dilakukan dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir pada kolom yang disediakan. Setelah itu, silahkan klik tombol “Lihat hasil seleksi”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya