SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 249  peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dinyatakan diterima di dua PTN di Jogja tetapi belum melakukan registrasi. Meski agenda registrasi dilakukan Selasa (17/6/2014).

Berdasarkan catatan Harianjogja.com, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ada 135 peserta lolos SNMPTN yang tidak melakukan registrasi. Begitu pula di Universitas Gadjah Mada (UGM, ada 114 calon mahasiswa belum registrasi. Ketidakhadiran peserta yang lolos itu membuat panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus yang menerimanya menyatakan mereka telah mengundurkan diri.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Menurut aturan, proses registrasi SNMPTN memang dilakukan sejak Selasa (17/6/2014) lalu. Untuk UGM sendiri kami beri kesempatan melakukan registrasi selama tiga hari hingga Kamis (19/6/2014). Untuk mencegah calon mahasiswa ini mengikuti SBMPTN di hari yang sama Selasa lalu, kami melaksanakan tes toefl bagi peserta yang kebagian registrasi hari kedua atau ketiga,” ujar Kepala Humas UGM Wijayanti, Rabu (18/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Hingga Rabu (18/6/2014) siang, calon mahasiswa UGM yang telah melakukan penyerahan berkas registrasi ke Direktorat Akademik UGM sebanyak 1.505 orang. Sebelumnya, mahasiswa tersebut telah mengisi biodata secara online untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan membayar UKT.

“Proses tersebut dilakukan sebelum penyerahan berkas di waktu tiga hari yang kami sediakan. Calon mahasiswa yang tidak melakukan proses pengisian biodata dan pembayaran UKT dianggap mengundurkan diri. Kini telah tercatat 3.113 calon mahasiswa yang mengisi biodata dari 3.227 orang yang dinyatakan lolos SNMPTN.

Kepala Humas UNY Anwar Effendy menuturkan dari 2.504 calon mahasiswa yang lolos SNMPTN, hanya 2.355 yang melakukan verifikasi data pada Selasa (17/6/2014) lalu. Rincian calon mahasiswa yang melakukan verifikasi data ialah calon mahasiswa non bidik misi 1.678 orang dan 677 calon mahasiswa bidik misi.

“Kami memang hanya melaksanakan verifikasi data peserta SNMPTN yang lolos di UNY dalam satu hari. Selanjutnya, data yang dikumpulkan akan diverifikasi kevalidannya. Usai verifikasi kemarin, tercatat ada 135 orang dari non bidik misi yang tidak melakukan verifikasi dan 14 orang dari bidik misi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya