SOLOPOS.COM - Rektor UNS Ravik Karsidi

Rektor UNS Ravik Karsidi

SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menetapkan kuota 50% untuk penerimaan mahasiswa baru (maru) melalui jalur seleksi nasional atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal itu berdasarkan hasil lokakarya evaluasi dan penyusunan kebijakan pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor UNS, Ravik Karsidi, menjelaskan jalur SNMPTN melalui undangan itu hanya bisa diikuti siswa lulusan 2013, padahal tahun lalu berlaku untuk lulusan sampai dua tahun sebelum pelaksanaan SNMPTN. Sebab pada kebijakan baru, peserta SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan data prestasi siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang baru dibuat tahun ini. PDSS merupakan basis data yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswa.

Meski demikian, Ravik memaparkan siswa lulusan 2012 dan 2011 masih bisa mendaftar ke PTN melalui jalur ujian tulis dan jalur mandiri yang diselenggarakan universitas. Jalur ujian tulis itu memiliki kuota 40% dan dilakukan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN yang diselenggarakan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

“SBMPTN diikuti 61 PTN se-Indonesia,” jelasnya saat jumpa pers di Ruang Sidang I, Gedung Rektorat UNS, Selasa (11/12/2012).

Sedangkan jalur mandiri memiliki kuota 10% dan dilakukan melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) yang diselenggarakan Perhimpunan SPMB Nusantara. Dengan jalur mandiri tersebut, UNS menentukan prioritas dan penguat utama bagi pendaftar yang memiliki bakat khusus.

Bakat khusus itu antara lain pada prestasi akademik pemenang olimpiade nasional atau internasional, prestasi olahraga dan seni tingkat nasional/internasional, dan hafidzul quran minimal 10 juz.

“Hafalan Quran dibuktikan dengan sertifikat yang dikeluarkan pesantren,” jelasnya.

Lebih lanjut Ravik menjelaskan total mahasiswa yang akan diterima 2013 tidak berbeda jauh dengan 2012, yaitu antara 5.200-5.600 mahasiswa. Sementara itu, jumlah pendaftar dari tiga jalur pada tahun lalu mencapai angka 78.000, dan pada 2013 diperkirakan akan naik sampai 10-15% matau enembus angka 15.000. “Kemungkinan besar pendaftar terbanyak melalui jalur SNMPTN. Karena biaya pendaftaran gratis,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya