SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Marshable)

 
Harianjogja.com, CALIFORNIA — Setelah berhasil mencuri foto bugil ratusan artis papan atas Hollywod dari layanan Apple iCloud, kini para hacker tampaknya menjadikan Snapchat sebagai sasaran utama mereka. Hacker mengaku menguasai ribuan foto bugil dari database aplikasi pihak ketiga Snapchat, snapsaved.com.

Ironisnya, kelompok hacker yang mengidentifikasikan dirinya sebagai ‘The Snappening’ di forum 4chan mengatakan bahwa mayoritas di antara ribuan foto bugil dari Snapchat yang mereka curi adalah milik pengguna remaja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC), sebuah lembaga perlindungan anak di Inggris yang dilansir Liputan6.com, Senin (27/10/2014), tak tertutup kemungkinan bahwa hal tersebut adalah benar adanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut mereka, remaja kerap menjadi korban penipuan di Snapchat. Mereka sering diminta mengirimkan foto-foto syur oleh para pengguna tak bertanggung jawab dengan iming-iming sejumlah uang.

Data dari NSPCC bahkan mencatat ada sekitar 40% remaja di Inggris yang sudah pernah berkirim foto syur melalui aplikasi pesan instan. Parahnya lagi, NSPCC menjelaskan bahkan beberapa di antaranya baru berusia tidak lebih dari 10 tahun.

Hingga kini foto-foto dan video syur milik para pengguna Snapchat itu diyakini dicuri dari aplikasi penyimpanan pihak ketiga rekanan Snapchat yang diketahui bernama Snapsaved.com.

Pihak Snapchat sendiri terkesan ‘lepas tangan’ menanggapi permasalahan ini, meskipun secara teknis memang peretasan bukan terjadi di server mereka.

Snapsaved.com difungsikan sebagai situs pihak ketiga yang menyimpan berbagai konten baik teks, foto, dan video yang dikirimkan para pengguna Snapchat. Situs ini bahkan juga memuat detail login pengguna, termasuk username dan password akun.

Dengan menguasai akses ke dalam snapsaved.com, maka hacker dapat dengan mudah menguasai berbagai konten pribadi milik pengguna yang secara otomatis tersimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya