SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Sebanyak 200 siswa SMPN 1 Selogiri, Wonogiri berkunjung ke SMKN 8 Solo. Kunjungan pada akhir pekan kemarin tersebut bertujuan untuk pengenalan siswa terhadap ilmu seni yang diajarkan di SMKN 8 Solo.

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Selogiri, Sukiman, mengatakan kegiatan outing class tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas VII. Para siswa ini datang untuk belajar seni dan praktik kegiatan jurnalistik. Sekolah sendiri, sengaja mendekatkan siswa dengan kegiatan seni sebagai bentuk pendidikan karakter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jiwa seni diharapkan tumbuh dalam setiap pribadi siswa agar mereka tidak mudah marah dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Sukiman juga mengatakan beberapa siswa dari SMPN 1 Selogiri ada yang melanjutkan studinya ke SMKN 8 Solo.

“Dalam pembelajaran di sekolah pun kami sudah memberikan pelajaran seni seperti karawitan dan dalang. Siswa belajar gamelan dua jam per pekan,” aku dia saat ditemui wartawan di sela-sela kunjungan di SMKN 8 Solo, akhir pekan kemarin.

Sementara itu, tuan rumah SMKN 8 menampilkan beberapa pertunjukan untuk menyambut tamu dari Kota Gaplek. Mereka menampilkan pertunjukan keroncong, seni tari, karawitan dan pedalangan. Siswa-siswi SMPN 1 Selogiri pun sangat terhibur menyaksikan penampilan dari siswa kelas X dan XI tersebut. Salah satu siswa, Yoga Kesuma, mengatakan selama ini kegiatan seni hanya ia pelajari lewat kegiatan ekstrakurikuler. Di sekolah, ia pun lebih berfokus belajar akademis dan olahraga.

“Melihat pertunjukan ini hanya jadi tertarik mempelajari seni tradisional. Kalau di sekolah ada ekstrakurikuler seni karawitan dan seni tari,” ujar siswa kelas VII ini.

Sementara itu, Kepala SMKN 8 Solo, Ties Setyaningsih, mengatakan kunjungan dari SMPN 1 Selogiri ini sekaligus untuk mempromosikan sekolah agar lebih dikenal di masyarakat. Hal ini juga lebih mendekatkan antara teori dan hal nyata. Apalagi, mayoritas siswa SMKN 8 ini memang berasal dari luar kota. Menurut Ties, sekolah khusus seni ini memang lebih banyak dilirik oleh mereka yang bebakat dan memiliki minat yang besar di bidang seni.

“Alumnus dari SMPN 1 Selogiri ada yang sudah terbang ke Singapura untuk pentas. Kami berharap ini dapat memotivasi adik kelas lain yang ingin belajar di sini,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya