SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.Solopos)

Sragen (Solopos.com)–SMPN 1 Gemolong, Sragen, menambah pelajaran kesenian dengan praktek musik karawitan. Musik karawitan yang mulai digalakkan menjadi salah satu mata pelajaran wajib itu merupakan program lanjutan dari pengadaan seperangkat gamelan dari dana komite sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diungkapkan Kepala SMPN 1 Gemolong, Warjito, pengadaan gamelan itu adalah upaya pihak sekolah untuk mendidik para siswa dengan budaya tradisi Jawa. Menurutnya, generasi muda harus memiliki bekal pendidikan yang sinergis, antara ilmu akademis, estetis dan
keterampilan.

“Saat ini sedikit sekali generasi muda yang mengenal kesenian tradisional. Padahal gamelan merupakan salah satu warisan budaya bangsa. Selain itu, gamelan juga punya andil besar dalam penyebaran agama Islam di Jawa. Jangan sampai musik karawaitan diklaim
negara lain,” tutur Warjito, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Rencananya, SMPN 1 Gemolong akan melakukan launching gamelan pada Sabtu-Minggu (24-25/9/2011). Pengajar mata pelajaran Seni Budaya, Sutarno dan siswa didiknya akan menampilkan berbagai jenis musik, salah satunya lagu nasional dan daerah dalam irama musik karawitan.

(m97)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya