SOLOPOS.COM - Alat berat dikerahkan untuk mempermudah proses perobohan gedung SMPN 3 Solo, nantinya dibangun Sekolah Khusus Olahraga (SKO) tingkat SMP, Selasa (11/4/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sekolah Khusus Olahraga (SKO) tingkat SMP di Solo resmi membuka pendaftaran pada Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023). 

SKO yang hanya dikhususkan untuk warga Solo ini terdapat beberapa tahapan seleksi selama tiga hari. Hari pertama seleksi yakni Senin (12/6/2023) berupa tes kesehatan dan tes psikologi dilakukan di Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS Solo. Lalu dilanjutkan dengan tes fisik di tempat yang sama pada Selasa (13/6/2023) di tempat yang sama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah dilakukan tes fisik umum, calon peserta didik SKO tingkat SMP diarahkan untuk menjalani tes khusus spesialisasi cabang olahraga (Cabor) di FKOR UNS, Rabu (14/6/2023).  Para peserta akan mengikuti tes sesuai cabang olahraga yang diambil.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah seleksi selesai, pengumuman akan dilakukan secara online pada Senin (19/6/2023) dan daftar ulang dilakukan Selasa-Rabu (20-21/6/2023) di kantor Dispora Solo. Lalu para siswa SKO masuk sekolah pada Senin (17/7/2023).

Berkas Persyaratan Pendaftaran SKO:

  1. Penduduk Kota Solo dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) 
  2. Usia maksimal 15 tahun dibuktikan dengan akta kelahiran
  3. Pendaftar lulusan SD/MI atau sederajat tahun ajaran 2021/2022, dibuktikan dengan surat tanda tamat belajar (STTB)/ijazah asli.
  4. Pendaftar lulusan SD/MI atau sederajat tahun ajaran 2022/2023, dibuktikan dengan surat keterangan menduduki kelas 6 yang ditandatangani oleh kepala sekolah.
  5. Piagam prestasi olahraga 
  6. Pas foto terbaru, berwarna dengan seragam sekolah ukuran 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar
  7. Surat keterangan sehat dari instansi pemerintah/lembaga berwenang

Berkas tersebut kemudian diupload di ppdb.surakarta.go.id. Namun, terlebih dahulu calon peserta didik membuat akun di laman daring yang sama, dengan cara scan berkas dengan format pdf.

Untuk lebih jelasnya berikut langkah pendaftaran SKO:

  1. Membuat akun dan password secara online pada laman ppdb.surakarta.go.id.
  2. Unggah berkas pendaftaran, mengisi formulir, dan biodata prestasi secara daring pada laman ppdb.surakarta.go.id.
  3. Verifikasi berkas asli dan lembar fotokopi secara luring atau offline di SMP N 1 Solo.
  4. Pendaftar memilih jalur PPDB SKO secara online apabila operator telah melakukan approve pada berkas yang telah terverifikasi.
  5. Proses pendaftaran selesai.

Pendaftaran tidak dipungut biaya dan menerima sebanyak 64 peserta didik. Sedangkan terdapat 12 pilihan cabang olahraga (Cabor) yakni atletik, renang, tenis, tenis meja, panahan, bola voli, sepakbola, taekwondo, pencak silat, karate, anggar, dan judo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya