SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berharap SMKN 1 Tanon di Kabupaten Sragen sudah bisa menerima siswa baru pada 2020. Dana senilai Rp6 miliar disiapkan untuk membangun SMKN 1 Tanon di lahan seluas 1,7 hektare di tepi Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Desa Gawan, Kecamatan Tanon, Sragen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Sri Puryono, mengatakan dana senilai Rp6miliar dari APBD Provinsi dan APBN disiapkan untuk membangun gedung SMKN 1 Tanon.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia memperkirakan butuh dana total Rp10 miliar hingga Rp11 miliar untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Kendati begitu, Sri Puryono berharap SMKN 1 Tanon bisa menerima siswa pada 2020.

“Nantinya akan ada Jurusan Seni Budaya. Harapan kami, banyak generasi muda yang belajar seni dan budaya. Setelah lulus nanti mereka akan dibutuhkan pasar. Kalau mau melanjutkan pendidikan ya ke ISI [Institut Seni Indonesia] Solo, kan dekat. Sangat disayangkan, di sana itu, justru lebih banyak mahasiswa dari luar Jateng,” ucap Sri Puryono saat ditemui wartawan di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan SMKN 1 Tanon, Jumat (9/8/2019).

Sri Puryono menjelaskan wilayah Soloraya, termasuk Sragen, merupakan gudangnya seniman dan budayawan. Dia mencontohkan di Sragen terdapat seniman kenamaan seperti dalang Ki Gondo Darman, sinden Suharni, Sunyahni, dan lain-lain.

“Seni budaya itu mengajarkan budi pekerti luhur. Ada yang menyebut budaya itu adalah roh bangsa. Jadi, kalau mau menghancurkan bangsa ya bisa dimulai dengan menghancurkan budayanya dulu,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Jumeri, mengatakan SMKN 1 Tanon dibangun di lahan kas desa seluas 1,7 hektare. Menurutnya, tanah kas desa itu sudah dicarikan lahan pengganti.

Dana senilai Rp6 miliar dari APBD Jateng dan APBN itu rencananya akan digunakan untuk membangun enam ruang kelas baru, ruang perpustakaan, ruang guru, jamban, pagar keliling, saluran air, akses jalan dan lain-lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya