SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MAGELANG—Masa Orientasi Siswa (MOS) biasanya diisi dengan kegiatan pengenalan sekolah. Tapi lain halnya dengan SMK Pangudi Luhur Muntilan. MOS bagi siswa baru justru diisi dengan wawasan nasionalisme dan pelatihan baris berbaris. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengajak siswa barunya belajar ke Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang.

Wakil Kepala Bidang Kesisiwaan, FX Yellow Bayu mengatakan, rangkaian kegiatan MOS di skeolah ini berlangsung selama empat hari, mulai Senin (4/7) hingga Kamis (7/7).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Khusus hari terakhir, dilaksanakan di Akmil,” katanya, di sela-sela memantau MOS, Rabu (6/7).

Menurut dia, MOS di Akmil baru kali ini dilakukan. Tujuannya, selain untuk melatih kedisiplinan, juga untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air yang akhir-akhir ini dirasa mulai luntur dikalangan generasi muda.

“Ini juga untuk membentuk karakter dan meningkatkan wawasan kebangsaan para siswa,” katanya.

Adapun selama tiga hari sebelumnya, MOS di SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan telah meraih ISO 9001:2008 itu, dilaksanakan di lingkungan sekolah. Beberapa kegiatan yang digelar di antaranya adalah perkenalan siswa, sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. MOS di SMK Pangudi Luhur diikuti 202 siswa dengan delapan pembimbing.  (Harian Jogja/Nina Atamasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya