Paduan suara menyanyikan lagu mars saat peluncuran lagu mars dan website di halaman dalam SMK Sudirman 1 Wonogiri, Jumat (8/3/2019).(Istimewa/dok. SMK Sudirman 1 Wonogiri

Solopos.com, WONOGIRI -- Setelah 36 tahun berdiri, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sudirman 1 Wonogiri akhirnya memiliki lagu mars. Pihak sekolah yang berlokasi di dekat Stadion Pringgodani, Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, itu menggelar acara khusus untuk menyambut diresmikannya lagu mars tersebut. Jumat (8/3/2019)

Ratusan siswa berkumpul di halaman dalam sekolah sejak pukul 08.00 WIB. Mereka menanti paduan suara yang akan menyanyikan lagu mars sekolah. Hingga tiba saatnya paduan suara yang beranggotakan 30 siswa naik ke panggung. Paduan suara menyanyikan lagu mars itu dengan penuh semangat.

"SMK Sudirman 1 Wonogiri, janji kami harumkan namamu, menjadi siswa-siswi berprestasi, turut serta membangun negeri. Jujur terampil cerdas dan berakhlak mulia, tetap di bawah asas Pancasila. Berjuang bersama menggapai cita-cita, guna turut serta membangun bangsa..."

Seusai dinyanyikan ratusan siswa menghadiahi paduan suara dengan tepuk tangan meriah. Lirik lagu tersebut terdiri atas tiga bait yang salah satunya reffrain. Lagu itu bisa dinyanyikan dengan durasi maksimal dua menit.

Kepala SMK Sudirman 1 Wonogiri, Dian Fadllia Nugrahani, sangat bangga sekolah yang dipimpinnya memiliki lagu mars. Sejak sebelum menjadi kepala sekolah (kasek), dia sangat mendambakan SMK Sudirman 1 Wonogiri mempunyai lagu yang mampu menggugah semangat.

Setelah menjadi kasek pada awal tahun ajaran 2018/2019 lalu, Dian bertekad merealisasikan keinginannya itu dengan menggandeng Erick Rahardian, musikus sekaligus pentolan grup musik beraliran java rock reggae dari Wonogiri, Sukirgenk, Januari lalu. Kurang dari sebulan, Erick mampu merampungkan lagu mars itu.

“Nada dan liriknya bagus sekali. Lagu ini berisi harapan dan cita-cita yang luhur dan saya pikir akan bisa menggugah semangat anak-anak untuk mengukir prestasi dan memiliki akhlak mulia,” kata Dian didampingi Erick.

Dia berharap seluruh siswa menghapal lagu mars tersebut. Para siswa sudah diberi rekaman lagu dengan format mp3 dan lirik lagu melalui wali kelas masing-masing. Mulai Jumat itu lagu mars akan diputar setiap pagi sebelum masuk jam pelajaran.

Erick Sukirgenk mengaku turut bangga bisa menjadi bagian sejarah SMK Sudirman 1 Wonogiri. Dia menerima tawaran pihak sekolah karena merasa tertantang. Erick menyebut membuat lagu mars lebih sulit dari pada membuat lagu reggae, sebab lagu mars lebih formal.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten