SOLOPOS.COM - Andromax Smartfren (Okezone)

Smartphone terbaru Andromax dengan teknologi VoLTE akan diluncurkan pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Operator seluler lokal, Smarftren, beberapa hari ke depan akan menghadirkan smartphone terbaru dengan teknologi Voice over LTE (VoLTE).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu didasari untuk memberikan pengalaman komunikasi yang berkualitas pada pelanggan 4G. Ada dua smartphone terbaru yang bakal dirilis yakni seri pertama dibanderol Rp2 jutaan, dan seri kedua Rp 1jutaan.

Division Head Smartphone Business Smartfren, Sukaca Purwokardjono, mengatakan perangkat dengan VoLTE akan menjadi smartphone terbaru pertama di Indonesia yang sudah memiliki teknologi itu.

“Sabar saja, tunggu tanggal mainnya, yang jelas pekan ini kita luncurkan sekaligus memperkenalkan lebih luas lagi perihal teknologi VoLTE ini,” ujarnya dikutip dari Okezone, Kamis (18/2/2016).

Sementara itu, Hartadi Novianto selaku Mass Product Dept. Head Smartfren menambahkan, setelah peluncuran dua perangkat ini, smartphone terbaru Smartfren yang sudah beredar di pasar secara perlahan nanti akan diperbarui juga menggunakan VoLTE.

“Setidaknya, nanti seusai resmi diperkenalkan ke publik masa depan, layanan teknologi dari Smartfren ini juga bakal berkembang. Kita akan tambah fitur terbaru VoLTE seperti fitur dengan pengembangan IMS IP, di mana waktu dulu hanya menggunakan SMS, telepon, tetapi kini kita tambahkan lagi fitur Voice Call jadi enggak sekadar SMS saja,” ungkapnya.

Maksud dari pengembangan IMS itu sendiri merupakan sebuah layanan HD Voice Call yang menggunakan jaringan 4G LTE melalui IMS IP multimedia subsystem yang memiliki jalur khusus.

Layanan teknologi VoLTE memiliki beberapa kelebihan jika dibanding Voice Call standar yang selama ini digunakan. Dengan memanfaatkan jaringan 4G, kini sambungan telepon yang menggunakan jalur data akan menghasilkan kualitas suara jauh lebih baik.

Teknologi ini sendiri menggunakan jalur data khusus untuk lalu lintas transmisi suara. Jalur ini juga akan mendapatkan prioritas, dan tidak akan mendapatkan interferensi (merusak) sinyal.

VoLTE bukan layanan baru dalam dunia telekomunikasi internasional. Namun di Indonesia memang layanan ini terbilang baru, sebab, baru Smartfren saja yang sudah resmi memberikan layanan ini untuk masyarakat Indonesia.

Layanan VoLTE  diramalkan bakal menjadi tren baru di dunia telekomunikasi Indonesia. Terlebih, tarifnya setara dengan panggilan biasa. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Smarftren, Roberto Saputra, mengungkapkan hadirnya layanan VoLTE ini bukan hanya sebatas pemanfaatan jaringan 4G, tetapi juga merupakan upaya Smartfren untuk menambah jumlah pengguna jaringan 4G.

Menurutnya, dari jumlah total pengguna Smartfren di Indonesia yang mencapai 13,5 juta pelanggan, baru 1,2 juta pelanggan saja yang terdaftar di jaringan 4G. “Masih banyak orang yang bertanya, kenapa pakai 4G sih, 3G aja sudah cepat. Di sinilah kami menawarkan kelebihan 4G dibanding 3G,” ucapnya, dilansir Liputan6.com, Kamis.

VoLTE  merupakan layanan suarayang berbasis jaringan Long Term Evolution melalui IP Multimedia System (IPS), dengan jalur khusus atau dedicated bearrer. Karena itu, layanan suara yang dihasilkan diklaim lebih jernih tanpa noise dibandingkan panggilan suara biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya