SOLOPOS.COM - Spek Iphone SE (Engadget)

Smartphone terbaru Iphone SE memiliki lima kekurangan. Apa saja?

Solopos.com, SOLO — Dilihat dari segi spesifikasi, smartphone terbaru Iphone SE memang seperti  Iphone 6S namun dengan layar yang lebih kecil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ponsel termurah yang pernah dibuat oleh Apple ini tentu punya kekurangan. Beriku ini lima kekurangan smartphone terbaru Iphone 5SE sebagaimana dilansir Detik, Selasa (29/3/2016).

1. Kamera Depan

Apple memang membenamkan kamera belakang yang sama dengan Iphone 6S di Iphone SE, yaitu kamera beresolusi 12 megapiksel (MP). Namun kamera depan Iphone murah itu ternyata tergolong jadul.

Ya, kamera depan Iphone SE serupa dengan yang digunakan Apple di Iphone 5S, yaitu kamera dengan resolusi 1,2 megapiksel (MP), bukan kamera 5 MP seperti yang ada Iphone 6S.

Apple lalu menutupinya dengan memberikan fitur yang mereka sebut dengan Retina Flash, yaitu menyalakan layar untuk menerangi obyek. Layar Iphone SE akan berubah menjadi putih dan dengan tingkat kecerahan maksimal ketika fitur ini dinyalakan.

2. Touch ID

Smartphone terbaru Iphone SE memang dilengkapi dengan sensor sidik jari Apple menyebutnya sebagai Touch ID. Namun, sensor sidik jari ini tak sama dengan sensor yang ada di Iphone 6S, karena Apple menggunakan Touch ID generasi satu, seperti yang ada di Iphone 5S.

Kekurangan dari sensor generasi satu ini adalah dalam hal kecepatan mengenali sidik jari. Bukan hal yang signifikan sebenarnya, hanya saja agak disayangkan, mengingat Iphone SE punya otak yang setara dengan Iphone 6S, namun performanya akan terasa agak lambat saat mengenali sidik jari.

3. 3D Touch

Smartphone terbaru Iphone SE punya fitur Live Photos, seperti di Iphone 6S, yang sejatinya memanfaatkan 3D Touch untuk memutar animasi dari sejumlah foto yang diambil. Namun, tak ada fitur 3D Touch di Iphone SE.

Penggunanya memang bisa menekan dan menahan jarinya di layar untuk memainkan animasi dari Live Photos, namun sebenarnya itu bukan 3D Touch. Pengguna Iphone SE tak bisa menekan secara keras icon aplikasi untuk membuka akses cepat ke sejumlah fitur, layaknya pada layar 3D Touch.

Padahal fitur yang bisa mengenali tingkat kekerasan tekanan pada layar ini cukup menarik, dan saat ini hanya tersedia di Iphone 6S dan Iphone 6S Plus.

4. Resolusi Layar Tak Sampai HD

Layar smartphone terbaru Iphone SE ternyata punya resolusi yang terbilang rendah apabila dibanding dengan kakak-kakaknya. Hanya 1.136 x 640 piksel, bahkan tak mencapai batasan untuk disebut high definition (HD).

Namun, berkat ukuran layarnya yang mungil 4 inci, kepadatan layarnya serupa dengan layar Iphone 6 dan 6S, yaitu 326 piksel per inci (ppi). Hanya Iphone 6 Plus dan Iphone 6S Plus yang punya kepadatan layar lebih tinggi, yaitu 401 ppi.

5. Storage 128 GB

Ponsel dengan storage internal yang besar tentu akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Apabila Apple memposisikan smartphone Iphone SE sebagai Iphone murah, wajar memang perusahaan asal Cupertino itu tak menyediakan opsi storage 128 GB, seperti yang ada di Iphone 6S.

Namun, perlu diingat, Apple memberikan fitur perekaman video 4K di Iphone SE, yang tentunya akan memakan banyak tempat di storage. Ditambah lagi dengan ukuran aplikasi yang makin hari semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya