SOLOPOS.COM - Advan G1. (Istimewa/Liputan6.com)

Smartphone terbaru Advan G1 memiliki rahasia di dalam teknologi CNC.

Solopos.com, JAKARTA — Vendor lokal, Advan, tengah menyiapkan smartphone terbaru dalam wujud seri G1. Ponsel pintar itu lahir dari riset dengan melibatkan konsumen secara langsung yang digelar Mars Research.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Detik, Rabu (29/6/2016), dalam riset tersebut, Advan menampung beragam harapan dan masukan tentang smartphone terbaru yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Salah satu poin penting dari survei tersebut adalah soal kualitas dan durabilitas.

Menyoal kualitas, Advan sedikit memberi bocoran bahwa bodi dan kover yang akan digunakan oleh smartphone terbaru Advan G1 menggunakan material metal untuk memenuhi harapan konsumen.

Menurut Brand Director Advan, Andi Gusena, beberapa tahun ini, konsumen memilih smartphone tipis dan ringan. Namun untuk mengejar harapan itu, produsen kemudian ramai-ramai memproduksi smartphone dengan cover bodi plastik. Cover plastik menuai kelemahan, rentan pecah dan terkesan kurang premium.

“Pada smartphone terbaru Advan G1 ini, konsumen akan menemukan eksklusivitas cover dan bodi yang terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang dibuat untuk Advan G1 ini diproses dengan teknologi computer numerically controlled (CNC) yang melewati 125 kali proses,” ungkap Andy.

Seperti dikutip dari Okezone, Rabu, sistem pengoperasian CNC adalah program yang dikontrol langsung oleh komputer. Secara umum konstruksi mesin perkakas CNC dan sistem kerjanya adalah sinkronisasi antara komputer dan mekaniknya.

Bila dibandingkan dengan mesin perkakas konvensional, mesin perkakas CNC dikatakan lebih baik dari segi ketelitian, ketepatan, fleksibilitas, dan kapasitas produksi. Pengendaliannya sendiri yakni dengan menggunakan bahasa numerik, yaitu perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf.

Mesin CNC digunakan dalam memproses bodi dan cover Advan G1 dan termasuk dalam generasi CNC three axis atau yang lebih dikenal dengan mesin frais. Dengan teknologi tersebut dikatakan akan menghasilkan desain yang ergonomis dan presisi.

Karena berbahan metal dan spesifikasi yang mampu bersaing dengan smartphone terbaru lainnya, Advan G1 akan memposisikan sebagai ponsel pintar Advan yang bermain di level mid-high. Peluncurannya sendiri dikatakan Tjandra, akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016.

Dengan teknologi tersebut, cover dan body smartphone terbaru Advan G1 diharapkan bakal menghasilkan desain yang ergonomis dan presisi. Namun memang, harapan yang tinggi di G1 membuat proses pembuatan bodinya menjadi sedikit lebih rumit.

Sebab lempengan metal utuh selanjutnya diproses dengan Diamond Cutter yang menghasilkan potongan serta lempengan body atau cover. Kemudian proses tersebut menghasilkan potongan yang halus dan rapi dengan finishing 45 derajat Bevel.

Selanjutnya dilakukan proses Anodizing, yaitu proses pelapisan alumunium dengan zat warna. Proses dengan teknologi Anodizing ini menghasilkan warna sempurna yang tidak akan luntur pada bodi dan cover smartphone. “Prosesnya memang panjang dan rumit, seperti penggarapan Iphone dan smartphone premium lainnya,” lanjut Andy, dalam keterangan.

Sementara itu, Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto, menambahkan dengan proses yang rumit dan pemilihan bahan metal berkualitas, Advan G1 diharapkan akan mampu bersaing dengan smartphone terbaru premium dalam hal kualitas. “Secara kualitas, kami berupaya memberikan yang maksimal. Secara harga, kami akan hadir kompetitif,” tandas Tjandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya