SOLOPOS.COM - Vivo Xplay 5 (Gsmarena)

Smartphone terbaru dengan RAM 6 GB mulai marak. Mengapa?

Solopos.com, JAKARTA — Qualcomm tak luput mengomentari soal tren smartphone terbaru dengan kapasitas RAM 6 GB yang mulai meningkat. Menurut Country Manager Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, cepat atau lambat penggunaan RAM besar di ponsel pasti akan terjadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya kebutuhan pengguna akan ponselnya kian meningkat. Begitu juga dengan aplikasinya, seiring waktu berjalan, resource yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Jadi tren penggunaan RAM besar sejatinya sudah diprediksi dari jauh-jauh hari.

“Kenapa smartphone terbaru RAM 6 GB dibutuhkan? Karena kebutuhan pengguna makin tinggi. Aplikasi yang dipakai juga resource-nya makin meningkat. Sehingga tren penggunaan RAM besar pasti akan terjadi,” jelas Shannedy.

Sejauh ini sudah ada beberapa smartphone terbaru Android yang mengusung RAM tembus 6 GB. Sebut saja Asus Zenfone 3 Deluxe atau One Plus 3 yang baru saja diluncurkan.

Ditambahkan Shannedy, tak hanya penggunaan RAM besar, kebutuhan yang tinggi juga harus diiringi dengan prosesor yang mumpuni juga. Jangan melulu melihat prosesor dari jumlah core yang semakin banyak, yang penting adalah kinerja akhirnya.

Karena menurut dia, sebagus-bagusnya prosesor patokan akhirnya tetap ada di pengguna. Dalam artian pengguna yang akan merasakan langsung performa prosesor yang dipakainya, tanpa melihat berapa banyak core yang dimiliki oleh prosesor tersebut. “Bukan soal banyak core, tapi kembali ke benchmark si end-user. Yang penting adalah kinerja akhirnya, bukan bicara jumlah core,” pungkas Shannedy.

Sekadar informasi, seperti dikutip dari Okezone, Jumat, beberapa vendor seperti Asus, Vivo, dan ZTE belakangan ini berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone terbaru engan RAM 6 GB.

Kemungkinan vendor-vendor lain yang akan menyematkan RAM 6 GB akan terus bertambah. Samsung kabarnya akan menggunakan RAM 6 GB pada smartphone terbaru Galaxy Note 7 yang akan meluncur dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya