SOLOPOS.COM - One Plus 2 (Phonearena)

Smartphone terbaru One Plus 2 gagal dirilis di Indonesia. Mengapa?

Solopos.com, JAKARTASmartphone terbaru buatan vendor asal Tiongkok, One Plus 2, akhirnya batal masuk Indonesia. Hal itu karena One Plus 2 terlambat memenuhi uji kelayakan melalui Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimaan dilansir Okezone, Sabtu (24/10/2015), Community Manager One Plus Indonesia, Shinta .H, meminta maaf karena smartphone terbaru One Plus 2 batal dirilis di Indonesia.

“Dengan berat hati kami sampaikan tidak dapat mendatangkan smartphone terbaru One Plus 2 ke Indonesia. Kami minta maaf sedalam-dalamnya atas ketidaknyamanan ini karena telah mengecewakan teman-teman di Indonesia,” ucap Shinta.

Ekspedisi Mudik 2024

Shinta menjelaskan smartphone terbaru One Plus 2 tidak jadi dirilis di Indonesia karena keterlambatan perusahaan tersebut untuk menyerahkan unit One Plus 2 kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen Postel) untuk diuji.

Sebab seperti diketahui sebelum smartphone bebas melenggang di pasar Tanah Air, terlebih dulu harus diuji mengenai tingkat kandungan lokal di dalamnya (TKDN).

Keterlambatan itu disebabkan karena smartphone terbaru One Plus 2 masih menunggu proses sertifikasi perangkat ponsel yang mereka lakukan di Eropa melalui Conformite Europeene certification (CE). Tahap uji kelulusan tersebut, baru didapatkan akhir Juli.

“Sebelum pengajuan ke Postel, perangkat smartphone terbaru One Plus 2 harus melalui tahap sertifikasi di Eropa yakni untuk memenuhi CE Certification. Setelah sertifikasi didapatkan, lalu pengajuan postel di Indonesia diajukan bersama dengan CE sertifikasi ini yang kemudian harus lulus tahap di SDPPI,” ucap Shinta.

Ditambahkannya, tahap uji kelulusan di bagian CE sertifikasi baru didapatkan akhir Juli. Sedangkan,  penandatanganan regulasi TKDN oleh tiga menteri, dilakukan 3 Juli 2015, sehingga regulasi TKDN tidak dapat dihindari.

Sebagai gantinya, OnePlus berkeinginan mendatangkan smartphone terbaru OnePlus X untuk penggemar di Indonesia. Akan tetapi tampaknya perusahaan ingin lebih berhati-hati dan tak ingin mengumbar janji muluk.

“Kami tidak ingin terlalu banyak mengumbar janji peluncuran smartphone terbaru OnePlus X akan hadir ke Indonesia. Namun, kami telah belajar dari kesalahan kami dan berusaha memberikan yang terbaik untuk teman-teman di Indonesia,” pungkas Shinta.

Dikutip dari Phonearena, Sabtu, smartphone terbaru One Plus 2 hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi quad HD atau 1.920×1.080 piksel. Perangkat ini juga dibekali sejumlah fitur anyar seperti fingerprint scanner serta alert slider. Ada pula konektor USB Type-C.

Di sektor kamera, One Plus 2 dipersenjatai dengan kamera belakang 13 MP, sementara kamera depannya beresolusi 5 MP. Di sektor desain, bodi belakang One Plus 2 menggunakan material berbahan bamboorosewoodblack apricot, dan kevlar. Untuk bingkainya menggunakan bahan alumunium.

Smartphone One Plus 2 hadir dalam dua model. Model pertama dengan memori internal 16 GB dibanderol dengan harga US$329 atau Rp4,4 juta. Sedangkan model kedua dengan memori internal 64 GB dijual US$389 atau setara dengan Rp5,2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya