SOLOPOS.COM - Apple Iphone 7 saat dibongkar. (PhoneArena.com)

Smartphone terbaru Apple Iphone 7 ongkos produksinya sekitar Rp3 jutaan.

Solopos.com, LONDON – Apple Inc membanderol smartphone terbaru Iphone 7 varian termurah di Amerika Serikat seharga US$649 atau sekitar Rp8,5 juta (kurs Rp13.157). Tetapi belakangan diketahui ongkos produksinya ternyata tidak semahal itu.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Hasil riset perusahaan IHS Markit berdasarkan harga masing-masing komponen (bill of materials) menunjukkan ongkos produksi satu unit Iphone 7 tidak lebih dari US$224,80 atau setara Rp2,95 juta. Angka tersebut lebih tinggi US$36,89 dari Iphone 6S.

Dikutip Solopos.com dari laman Phonearena, Rabu (21/9/2016), perusahaan yang bermarkas di Inggris itu juga menyimpulkan komponen pada Iphone 7 kualitasnya dan harganya seimbang dengan produk flagship Samsung.

Bedanya, Apple mengambil keuntungan lebih tinggi ketimbang Samsung namun itu masih tergolong wajar. IHS Markit menyebut keuntungan yang diperoleh Apple dari satu unit Iphone 7 mencapai US$250 atau sekitar Rp3,28 juta.

“Apple mengambil margin lebih tinggi pada hardware ketimbang yang dilakukan Samsung. Tapi beberapa material yang dipakai memang lebih mahal dari produk sebelumnya,” ungkap Andrew Rassweiler, Direktur Senior IHS Markit.

Sementara itu berdasarkan video berdurasi 52 detik berjudul How much does it cost to build the iPhone 7? yang diunggah saluran CNN Money ke Youtube, disebutkan bahwa ongkos produksi satu unit Iphone 7 adalah US$292 atau sekitar Rp3,84 juta.

[Lihat di videonya di https://www.youtube.com/watch?v=XlXV1vG9OvI&feature=youtu.be]

Rinciannya adalah layar seharga US$37, baterai US$4, kamera US$26, logic board US$74, bodi US$22, sepiker US$11,5, dan sederet komponen lain senilai US$117,52 termasuk di dalamnya RAM dan memori.

Tetapi perlu dicatat, taksiran ongkos produksi itu belum termasuk uang yang dikeluarkan Apple untuk menggaji karyawan maupun biaya riset produk. Dari rincian tersebut diketahui pula bahwa Iphone 7 mengusung RAM 2,0 GB yang dipasok oleh Samsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya