SOLOPOS.COM - Blackberry DTEK50 (Detik)

Smartphone terbaru Blackberry DTEK50 telah diluncurkan.

Solopos.com, JAKARTA — Blackberry baru saja memperkenalkan smartphone terbaru Android untuk kelas menengah. DTEK50, demikian namanya, diklaim sebagai Android paling aman. Apa alasannya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam survei terhadap pengguna smartphone Android, Blackberry menemukan 50% responden menyatakan ponsel mereka hanya mempunyai keamanan yang sedang. Meski ada kekhawatiran akan keamanan data, satu dari enam pengguna Android tidak mengetahui tentang adanya patch keamanan Android.

“Dengan peningkatan cybercrime pada smartphone, konsumen harus menyadari detail pribadi dari kehidupan mereka berada pada risiko saat disimpan pada perangkat pribadi mereka,” kata Chief Security Officer Blackberry, David Kleidermacher, seperti dilansir Detik, Rabu (27/7/2016).

“Anda tidak akan meninggalkan pintu rumah anda tidak terkunci pada malam hari. Memiliki smartphone terbaru yang tidak menjaga privasi Anda dengan serius merupakan yang sama,” tambah dia.

Smartphone terbaru Blackberry DTEK50 dikatakan mengenkripsi semua informasi pengguna, termasuk data penting bisnis dan data pribadi seperti foto, video dan kontak. Perlindungan malware juga tertanam didalamnya bersama dengan kemampuan back-up, wipe dan restore.

Fitur yang diklaim membuat DTEK50 menjadi smartphone terbaru Android teraman antara lain Rapid Security Patching di mana Blackberry dikatakan yang tercepat dalam memberi patch keamanan. Kemudian aplikasi DTEK memungkinkan pengguna otomatis memantau OS dan aplikasi untuk mengetahui kapan privasi mereka berisiko dan mengambil tindakan.

Aplikasi DTEK juga melacak aplikasi dan memberitahu ketika seseorang mengambil foto atau video tanpa sepengetahuan user, menyalakan mikrofon, mengirimkan pesan teks atau mengakses kontak dan lokasi.

Ada pula fitur yang disebut Android OS hardening di mana Blackberry menyediakan patch keamanan tambahan, nomor acak yang ditingkatkan, address space generation dan certificate pinning untuk menyulitkan hacker menyerang.

Kemudian IPS 140-2 Compliant Full Disk Encryption dibenamkan untuk melindungi informasi pribadi, seperti foto atau informasi bank agar tidak dicuri bila ponsel hilang. Untuk pengguna bisnis, disediakan Android for Work dan Google Play for Work serta Full Enterprise Mobility Management Support.

Smartphone terbaru DTEK50 itu dijual cukup terjangkau, US$299 atau setara Rp3,9 jutaan. Apakah perpaduan harga yang tak terlalu mahal serta fitur keamanan mumpuni itu mampu memikat konsumen dan membangkitkan Blackberry? Waktu yang akan menjawabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya