SOLOPOS.COM - Smartphone 4G (Okezone)

Smartphone Android bisa dioperasikan secara maksimal menggunakan beberapa cara.

Solopos.com, JAKARTA — Semakin banyak orang menggunakan ponsel pintar, tapi sebagian besar dari mereka tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan potensi smartphone Android yang sudah menjadi gaya hidup itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, tidak sedikit pengguna smartphone Android yang terkejut dengan fitur-fitur baru yang bermunculan dengan cepat di handset mereka.

Untuk membantu pengguna smartphone Android, Google berbagi tips sederhana tentang cara memaksimalkan Android pada ponsel mereka, sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (26/3/2016).

1. Jangan Sampai Kehabisan Data

Jangan terjebak hingga kehabisan data. Ada pelacak data yang terpasang tetap di smartphone Android. Pilih menu Pengaturan dan kemudian klik Penggunaan Data. Pelacak data dapat disesuaikan untuk mencocokkan siklus penggunaan data Anda.

2. Bijaksana Terhadap Informasi yang Anda Sebarkan

Ketahui aplikasi apa saja di smartphone Android yang menggunakan informasi Anda. Jangan tunggu hingga telat mengetahui bahwa foto-foto dan musik pilihan Anda telah dibagikan kepada publik.

Pilih menu Pengaturan kemudian pilih Pengaturan Aplikasi. Pilih aplikasi tertentu, dan seharusnya aplikasi tersebut menampilkan daftar perizinan.

Pada versi Android yang lebih baru, Anda akan mendapatkan lebih banyak kontrol terhadap informasi apa saja yang dapat dibagikan di aplikasi. Contohnya, Anda dapat membagikan foto tetapi tidak membagikan lokasi Anda atau sebaliknya.

3. Biarkan Baterai Anda Bertahan

Apabila smartphone Android memiliki mode hemat baterai, Anda bisa mengaktifkannya secara otomatis ketika mencapai persentase daya yang rendah sekitar 15% atau 5% biasanya menjadi pilihan untuk model yang lebih baru. Trik sederhana ini dapat memberikan Anda ekstra satu jam atau lebih dari daya aktif baterai ketika Anda tidak sedang membawa charger.

4. Ponsel Anda adalah Anda

Salah satu bagian paling keren sebagai pengguna smartphone Android adalah fakta Anda dapat benar-benar membuat ponsel sendiri. Semua aplikasi Anda dapat diorganisir untuk memprioritaskan aplikasi yang paling sering digunakan dengan app launcher.

5. OK Google!

Setelah berada pada sistem operasi Android, Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik dari layanan dan aplikasi Google. Bagian terbaik adalah Anda sebenarnya tidak perlu melakukan apapun.

Aplikasi-aplikasi utama seperti Gmail, Calendar, Foto dan lainnya seharusnya bekerja mulus pada perangkat Anda. Apabila itu belum cukup, OK Google! voice assistant membuat hidup jauh lebih mudah.

Anda hanya perlu mengatakan OK Google! dan berbicara kepada ponsel Anda lewat mikrofon. Tentu ini sangat tepat bagi Anda yang sedang mengemudi!

6. Akses Cepat ke Pengaturan

Ingin menghentikan smartphone Andorid Anda dari deringan saat rapat? Butuh senter saat keadaan darurat? Geser ke bawah layar ponsel Anda dan menu Pengaturan Cepat akan muncul.

7. Baca Lebih Baik, Lebih Cepat, Lebih Pintar

Android Marshmallow terbaru menawarkan sebuah fitur bernama Google Now on Tap. Hanya dengan mengetuk pada apa saja yang Anda baca dan pencarian instan Google akan menyelesaikannya.

Apabila Anda tidak memiliki Android terbaru, Anda tetap bisa melakukan pencarian frase yang dipilih di Chrome. Cukup pilih kata-kata yang ingin Anda cari dan jendela kecil akan muncul di bagian bawah layar ponsel.

Ketuk dan pencarian akan mulai secara instan! Apabila fitur ini tampak mengganggu, non-aktifkan dengan pilih Pengaturan> Pribadi> Sentuh ke Pencarian.



8. Kendalikan Pengaturan Standar Anda

Telepon Anda akan sering menanyakan apakah ingin sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjadi pengaturan standar. Seandainya tidak, Anda memiliki file PDF yang disukai, atau ingin menonton video di aplikasi Youtube dibanding menggunakan browser, dapat mengubah aplikasi yang menangani fungsi ini secara otomatis.

Untuk mengubah standar, yang perlu Anda lakukan adalah pilih Pengaturan untuk aplikasi standar apa saja dan klik Hapus Standar. Beberapa ponsel sebenarnya memiliki menu Aplikasi Standar untuk mendaftarkan semua standar di ponsel Anda yang membuat lebih simpel.

9. Singkirkan Aplikasi Tidak Terpakai

Seringkali ponsel sudah terisi dengan aplikasi yang mungkin tidak diinginkan oleh pengguna. Sebagian dari aplikasi tidak bisa dihapus, tetapi Anda bisa mencegahnya berada di smartphone Android Anda. Kunjungi Pengaturan Aplikasi pada perangkat Android Anda dan ketuk aplikasi yang ingin disembunyikan.]

10. Bertindak Seperti Developer

Android memungkinkan semua orang menjadi developer. Apabila Anda ingin smartphone Android berfungsi pada kecepatan yang lebih cepat, aktifkan opsi developer.

Untuk melakukan hal ini, kunjungi tab tentang ponsel ini dalam pengaturan. Anda akan diarahkan ke bagian yang disebut Nomor. Ketuk tujuh kali dan Anda memiliki perangkat developer.

Sebuah bagian baru akan muncul di Menu Tentang yang disebut opsi Developer. Ada beberapa bagian yang apabila diubah bisa membantu mempercepat ponsel Anda di menu ini.

Apabila Anda memilih untuk menurunkan hiburan skala Window, Skala Transisi Animasi dan Animator durasi skala 5 kali atau lebih rendah, ini akan mempercepat ponsel Anda.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggerakan transisi antara jendela dan aplikasi. Meski demikian, Anda selalu dapat mengembalikan ini ke pengaturan asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya