SOLOPOS.COM - Ilustrasi Festival Sastra Indonesia Badan Bahasa Jawa Tengah (badanbahasa.kemdikbud.go.id)

Solopos.com, SOLO — Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Festival Sastra Indonesia se-Jawa Tengah 2013 di Teater Arena, Taman Budaya Surakarta (TBS) Solo, Kamis (18/10/2013). Sebanyak 24 peserta dari sejumlah sekolah menengah tingkat atas di Jawa Tengah mengikuti kejuaraan itu.

SMAN 6 Purworejo terpilih menjadi penampil terbaik pilihan juri yang terdiri dari Wijang J. Riyanto, Dedek Witranto, dan M. Haryanto. Festival yang digelar sebagai wadah apresiasi bagi pegiat sastra di kalangan pelajar ini menampilkan beragam bentuk ekspresi sastra seperti musikalisasi puisi, teatrikalisasi puisi, teater, dan drama murni.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Festival tahunan kali ini mengusung tema Pemuda Tengah Ayo Bangkit. Tema ini sengaja dipilih untuk menumbuhkan semangangat nasionalisme dan optimisme siswa pada Indonesia, mengasah kepekaan siswa pada kondisi sekitar, serta membina apresiasi seni dan sastra pelajar yang berakar pada nilai-nilai tradisional.

Ketua Dewan Juri Festival Sastra Indonesia se-Jawa Tengah 2013, Wijang J. Riyanto, mengutarakan festival ini pantas dilestarikan untuk mengakomodasi bakat pelajar di bidang seni dan sastra. “Festival ini penting sekali sebagai wadah ekspresi seni dan sastra,” terang Wijang, melalui rilis yang dikirimkan kepada Solopos.com, Kamis malam.

Sementara juri kedua dalam festival ini, Dedek Witranto mengusulkan ke depan festival ini bisa memberikan pemahaman teks sastra kepada peserta penampil. “Masih diperlukan pemahaman mendalam atas sebuah teks sastra untuk dapat ditampilkan sebagai seni pertunjukan sastra yang baik,” katanya.

Juri terakhir ajang tahunan ini, M. Haryanto mengapresiasi antusiasme pelajar dalam menggiatkan sastra di kalangan sekolah menengah atas di Jawa Tengah. Pemenang Festival Sastra Indonesia se-Jawa Tengah 2013 berturut-turut diraih SMAN 6 Purworejo dengan skor 677, SMAN 1 Karanganyar Kebumen dengan skor 668, SMAN 1 Klirong Kebumen dengan skor 635, dan SMAN 2 Semarang dengan skor 610.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya