SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Siswa-siswi SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman mengolaborasikan dua budaya dari negara yang berbeda dalam sebuah kegiatan bertajuk Java Japan Festival, Sabtu (31/5/2014) lalu.

“Kami ingin memperkenalkan budaya Jawa dan Jepang, sekaligus menyalurkan kreativitas siswa,” kata Prisca Adhe Mawarni, Ketua Panitia, di sela kegiatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belasan stan didirikan untuk memfasilitasi setiap kelas menjual aneka makanan khas Jawa maupun Jepang.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Prisca, Jepang memiliki kesamaan dengan Jawa dalam hal pelestarian budaya. Hal tersebut kemudian membuat keduanya menjadi unik ketika disatukan dalam sebuah kegiatan. “Tradisi-tradisinya masih dijaga dengan baik dan menarik,” paparnya.

Selain stan makanan, ditunjukkan pula aneka kebudayaan Jepang maupun Jawa yang yang masih dilestarikan hingga sekarang. “Kami ada pengenalan budaya Jawa dan Jepang, tari-tarian, karawitan dan upacara minum,” jelas Prisca.

Prisca berharap dengan Java Japan Festival, selain dapat mengenal kebudayaan Jepang, teman-temannya juga terdorong untuk melestarikan budaya Jawa. “Kita tetap harus lestarikan budaya sendiri,” ujarnya.

Program serupa sebenarnya sudah pernah diadakan di tahun-tahun sebelumnya. “Ini sudah program tahunan. Hanya dulu masih nempel dengan acara-acara lainnya. Baru 3 tahun ini kita buat satu hari sendiri,” ungkap Yuman Ahmad, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Yuman memaparkan pihaknya tidak ingin mengunggulkan salah satu kebudayaan. “Kalau hanya menggelar festival Jepang saja, nanti ada yang mikir ‘orang Jawa kok mengunggulkan Jepang’,” ucapnya.

Jepang dipilih bukan karena dia pernah menjajah Indonesia. Masih banyak hal-hal baik dari Jepang yang bisa ditampilkan dan dikenalkan kepada siswa. “Kita bisa pikir yang baik-baik. Lagipula kita ada mata pelajaran Bahasa Jepang. Ini bisa membantu siswa memahami apa yang dia pelajari,” jelas Yuman Ahmad.

Java Japan Festival juga dijadikan ajang open house bagi SMA Negeri 2 Ngaglik. Ratusan siswa dari berbagai SMP di Sleman datang mengunjungi pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya