SOLOPOS.COM - Perayaan Ulang Tahun SMA Negeri 1 Kendal yang bertajuk Jourasik Treasure In Art digelar di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Sabtu (29/10/2016) malam. (Kendalkab.go.id)

SMA Negeri 1 Kendal merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di alun-alun kabupaten setempat.

Semarangpos.com, KENDAL – SMA Negeri 1 Kendal, merayakan ulang tahunnya yang ke-55 dengan menggelar pementasan seni dan budaya di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Minggu (29/10/2016) malam.  Acara tersebut bertajuk Jourasik Treasure In Art, Jourasik sendiri memiliki kepanjangan Jorney of Smanik (SMAN 1 Kendal).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kepala SMA Negeri 1 Kendal, Sunarto, mengungkapkan acara tersebut mengambil tema Mengabdi Untuk Negeri, sebagai bagian dari upaya sekolah yang telah melahirkan putra-putri terbaik bangsa. “Mereka ini telah mampu mengabdikan dirinya yang terbaik untuk negerinya. Smanik [SMA Negeri 1 Kendal] sudah banyak lahirkan kader-kader dan pemimpin terbaiknya”, ungkapnya seperti dikutip Semarangpos.com dari Kendalkab.go.id.

Sebagai pembuka, panitia memutar lagu dan rekaman video yang menunjukkan budaya barat, sebagaimana budaya yang diagungkan pemuda-pemudi masa kini. Kemudian kepada penonton disajikan penampilan seni pertunjukan budaya tradisional dengan kearifan lokal untuk menggiring penoton berpikir bahwa budaya lokal tidak lebih buruk jika dibandingkan dengan budaya barat.

Tarian Opak Abang yang ditampilkan dalam sesi itu adalah tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Kendal. Selain itu, disuguhkan juga beberapa lagu tradisional, di antaranya adalah Ampar-Ampar Pisang, Sik-Sik Batu Manikam, Janger, Gundul-Gundul Pacul, dan Anak Kambing.

Semua rangkaian sajian kesenian yang ditampilkan di alun-alun tersebut dirangkum dalam sebuah drama musikal. Tokoh sentral dalam drama tersebut adalah Jordan dan Chelce yang berperan sebagai pemuda lulusan SMA Negeri 1 Kendal yang kuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Pada akhir cerita, kedua tokoh tersebut kembali ke daerah asal dan justru lebih mencintai budaya lokal serta tak mengagung-agungkan budaya barat. Perayaan ulang tahun SMAN 1 Kendal itu juga dihadiri Bupati Kendal Mirna Annisa. Turut hadir pula perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas Pendidikan, serta ribuan orang tua siswa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Bambang Dwiyono menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada SMAN 1 Kendal yang dinilai telah banyak melahirkan alumni berkualitas. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya