SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

JOGJA—Mempringati Ulang Tahun ke-55, SMAN 1 Jogja menggelar Festival Anak Negeri pada Senin (17/12/2012) di halaman sekolah. Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menyemarakkan Lustrum ke XI sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana menjelaskan, Festival Anak Negeri sangat kental akan kearifan lokal Jogja. Kegiatan yang kental dengan budaya lokal, sambungnya, senyampang dengan implementasi Undang-undang Keistimewaan yang menempatkan kebudayaan sebagai elemen utama.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Kegiatan ini perlu didorong dalam skala yang lebih luas dan diharapkan mampu menjadi agenda nasional,” jelas Edy di Balaikota Jogja, Jumat (14/12/2012).

Kepala Sekolah SMAN 1 Jogja, Zamroni mengungkapkan, Festival Anak Negeri dijadwalkan akan digelar tiap tahun. Diharapkan kegiatan ini menjadi media untuk membentuk karakter anak didik terhadap budaya lokal yang ada di Jogja. “Inti dari kegiatan ini adalah untuk menggali dan melestarikan budaya lokal serta mengenalkannya ke seluruh masyarakat,” kata Zamroni.

Sementara, Ketua Panitia Festival Anak Negeri SMAN 1 Jogja, Aris Priyanto mengatakan, beberapa kegiatan yang akan dilombakan dalam event tersebut antara lain lomba menumbuk padi (gejok lesung), lomba lantunan lagu pengiring lir-ilir serta lomba cipta kreasi permainan tradisional. Seperti membuat orang-orangan sawah (memedi) dengan ukuran dan tema bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya