SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMA. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda ternyata sekolah di Semarang, Jawa Tengah ini diklaim sebagai SMA tertua di Indonesia hlo?

SMA yang berlokasi di JL Taman Menteri Supeno, Semarang ini juga dinobatkan sebagai sekolah terluas di Indonesia dan tercatat pada laman resmi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. Adapun luas sekolah ini mencapai 4,2 ha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekolah yang dimaksud adalah SMA Negeri 1 Semarang. SMA ini didirikan pada 1936 saat masa penjajahan Belanda. Namun, berdirinya sekolah tersebut tak bisa lepas dengan lahirnya Hogre Burgerschool (HBS) di Semarang pada 1877.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, HBS Semarang ini menjadi cikal bakal lahirnya SMA tertua di Indonesia ini. Kala itu, anak-anak yang bersekolah di HBS hanya keturunan Belanda, Eropa serta kalangan elit pribumi yang telah lulus ELS kelas I.

Baca Juga:  Diklaim Masih Ada, Apa Sih Beda Harimau Jawa dan Sumatra?

Sejak diresmikan menjadi SMA Negeri 1 Semarang pada 1936, sekolah ini sempat berganti-ganti penggunaannya.

Pada masa penjajahan Jepang, gedung SMA Negeri 1 Semarang ini juga pernah menjadi pusat pendidikan militer Jepang.

Baca Juga: Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

Setelah Jepang menyerah kepada sekutu, Belanda mengambil alih SMA tertua di Indonesia ini dan beralih fungsi menjadi rumah sakit. Lalu, pada 1946, fungsi gedung ini dikembalikan menjadi sekolahan.

sejarah SMAN 1 Semarang
Gerbang SMAN 1 Semarang (Buku SMA dari Masa ke Masa)

SMA Negeri 1 Semarang termasuk sekolah favorit di Semarang. Bukan karena tertua dan terluas, karena sekolah ini memiliki banyak prestasi, kurikulum, dan juga lulusannya yang banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Baca Juga:  Diyakini Masih Ada, Bagaimana Wujud Harimau Jawa?

Mengutip situs resmi Sman1-smg.sch.id, beberapa di antaranya, SMA tertua di Indonesia ini meraih emas kategori Tari Kreasi Nusantara pada ajang OSEBI SEMESTA 2020, medali perak pada ajang International Science Technologuy and Engineering Competition 2020, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, SMA satu ini menerapkan inovasi kurikulum yang berbasis pembelajaran daring, menggunakan scoolgy, quiefer, edmodo yang dikembangkan menjadi modul elektronik untuk para siswa.

Baca Juga: Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Terakhir, lulusan SMA Negeri 1 Semarang juga banyak diterima di PTN favorit dan juga sekolah kedinasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya