SMA N 1 Bantul Imbau Siswa Miskin Tak Takut Daftar RSBI
Ilustrasi belajar menulis buku (Istimewa)
ilustrasi

BANTUL—Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) terbuka bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga miskin (gakin).

Kepala Sekolah SMA N 1 Bantul, Isdarmoko mengatakan, anggapan bahwa RSBI hanya untuk siswa dari keluarga mampu adalah pandangan keliru. Menurut dia, siswa yang berasal dari keluarga miskin pun bisa masuk ke RSBI. "Asal memenuhi persyaratan dan lolos tes," ujarnya saat ditemui di kantornya, Sabtu (26/5).

Ia menegaskan, siswa dari keluarga miskin bebas biaya pendaftaran asal bisa menunjukkan kartu gakin. Menurut dia, dari 575 siswa yang bersekolah di SMA N 1 Bantul, sebanyak 192 siswa berasal dari keluarga kurang mampu dan memperoleh beasiswa.

Hingga pekan lalu, jumlah pendaftar RSBI di SMA N 1 Bantul baik lewat online atau offline mencapai 532 dan tiga di antaranya merupakan siswa gakin.

"Kuota untuk gakin sekitar 20 persen. Selama ini, kuota gakin kami bahkan lebih dari itu, bisa di cek by name by address," tambahnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Mardiana Hadiyani menambahkan untuk tahun ajaran 2012/2013, SMA N 1 Bantul membuka kelas dengan kuota 192 siswa. Sejak tiga tahun lalu, sekolah ini menjadi RSBI dan tahun ini merupakan tahun pertama meluluskan siswa RSBI.(ali)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho