SMA IIBS Az-Zahra Sragen Siap Cetak Pemimpin Islami Berwawasan Global

SMA IIBS Az-Zahra Sragen berkomitmen menjadi sekolah tingkat dunia dengan visi Create Quranic Leader and Globally Minded atau Menciptakan Pemimpin Berakhlak Qurani dan Berwawasan Global.

 Siswi SMA Integrated Islami Boarding School (IIBS) Az-Zahra, Sragen, mengikuti kegiatan belajar mengajar. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Siswi SMA Integrated Islami Boarding School (IIBS) Az-Zahra, Sragen, mengikuti kegiatan belajar mengajar. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Warga Sragen kini memiliki opsi lain untuk menyekolahkan anak mereka ke sekolah dengan pendidikan agama Islam yang baik. Kini telah hadir SMA Integrated Islami Boarding School (IIBS) Az-Zahra, Sragen.

Sekolah yang baru berdiri pada 2021 ini merupakan salah satu sekolah di bawah Yayasan Lembaga Bakti Muslim (YLBM) Al-Falah Sragen. Lokasinya di Kampung Dukuhan RT 001/ RW 004, Kelurahan Nglorog, Kecamatan Sragen. SMA IIBS Az-Zahra memiliki slogan Quranic Leader School.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Alhamdulillah pada 2022 SMA IIBS Az-Zahra sudah mengantongi perizinan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dengan SK [Surat Keputusan] Pendirian Sekolah Nomor 503/7101/2022 dan NPSN 70032888. Sehingga SMA IIBS Az-Zahra dapat beroperasi secara legal dan menerima siswa baru lewat PPDB [Penerimaan Peserta Didik Baru],” ujar Kepala SMA IIBS Az-Zahra Sragen, Rio Danu Wicaksono, saat berbincang dengan Espos di sekolahnya, Jumat (18/11/2022).

Danu mengatakan pesaingan di dunia pendidikan sekarang semakin ketat, baik tingkat nasional maupun internasional. SMA IIBS Az-Zahra, sambung dia, sejak awal pendiriannya berkomitmen menjadi sekolah tingkat dunia dengan visi Create Quranic Leader and Globally Minded atau Menciptakan Pemimpin Berakhlak Qurani dan Berwawasan Global.

Baca Juga: Sambut Bulan Bahasa, SMA IIBS Az-Zahra Sragen Adakan Pergelaran Budaya

“Visi tersebut bertujuan mencetak calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang tidak hanya pintar secara intelektual, namun juga memiliki jiwa Qur’ani,” paparnya.

Pendirian SMA IIBS Az-Zahra dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat akan sekolah tingkat atas yang dapat meneruskan estafet pendidikan berbasis Islam terpadu. SMA ini turut berkontribusi demi menyongsong Generasi Emas Indonesia pada tahun 2045.

SMA Integrated Islami Boarding School (IIBS) Az-Zahra, Sragen
SMA Integrated Islami Boarding School (IIBS) Az-Zahra, Sragen. (Istimewa)

SMA IIB Az-Zahra memiliki target jangka panjang menjadi sekolah unggul di tingkat internasional pada 2032. Pada 2045, SMA IIBS diharapkan memberikan kontribusi untuk Indonesia Emas 2045.

Danu menerangkan SMA IIBS Az-Zahra bekonsep sekolah berlandaskan Islam terpadu yang memiliki asrama sebagai pendidikan karakter siswa. Pendidikan karakter itu diistilahkan Islamic Character Building. Pembinaan karakter dilakukan setiap Rabu dengan sistem halaqoh dan coaching clinic yang dilakukan setiap hari. Tujuannya mengarahkan siswa agar memiliki spesialisasi keahlian masing-masing.

Baca Juga: Siswa SDIT Az-Zahra 2 Sragen Raih Juara I Festival Dalang Anak Nasional 2022

“Ada empat keahlian yang dapat dipilih siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada merupakan turunan dari empat keahlian tersebut. Keempat itu keahlian itu terdiri atas dai, entrepreneur, profesional, dan keilmuan,” katanya.

Dia mengatakan keahlian dai dilakukan lewat kelas tahfiz, tausyiah keluarga, dan tausyiah publik. Kemudian entrepreneur dilakukan lewat kegiatan market day, workshop entreprenur, dan preneur club. Lalu untuk keahlian profesional dilakukan lewat IT program, desain grafis, panahan, dan public speaking. Dia melanjutkan keahlian yang terakhir keilmuan dilakukan lewat science club dan OSN focus.

“Turunan dari keahlian itu berupa ektrakurikuler seperti pramuka, Tak Suci, language club, preneur club, panahan, dan bina pribadi islami,” katanya.

Danu melanjutkan SMA IIBS Az-Zahra memiliki dua program pendidikan, yakni boarding dan fullday school. Dia mengatakan program boarding dilaksanakan dengan naungan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Az-Zahra.

Visinya Mencetak Generasi Hammalatul Quran dan memiliki program unggulan tahfiz qur’an, muhadatsah (pembelajaran percakapan bahasa asing), Quran Camp dan mempelajari ulumul syar’i atau ilmu syariah keislaman.

Baca Juga: 501 Siswa SMPIT Az-Zahra Sragen Belajar Demokrasi Lewat Pemilu OSIS

“Sekarang, SMA IIBS Az-Zahra memiliki satu kelas untuk Kelas X yang berjumlah 37 siswa, dengan perincian 14 putra dan 24 putri. Kami menggunakan kurikulum Merdeka sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Danu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Selain Parang, Batik Motif Slobog juga Wajib Dihindari Tamu Pernikahan Kaesang

      Selain parang/lereng, ada motif batik lain yang wajib dihindari untuk dikenakana oleh tamu acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, yaitu motif slobog.

      Korsleting, 1 Rumah di Permukiman Padat Penduduk Delanggu Klaten Terbakar

      Diduga akibat korsleting, satu rumah di tengah permukiman Dukuh Sanggrahan, Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu terbakar, Jumat (9/12/2022) dini hari.

      Solopos Hari Ini: Pesta Raya Demokrasi di Desa

      Pemilihan kepala desa (pilkades) di Sukoharjo menjadi pesta rakyat dan dirayakan dengan cara yang khas.

      Presien Jokowi Ungkap Momen Iriana hingga Bobby Menangis saat Siraman Kaesang

      Presiden Jokowi mengungkapkan momen Kaesang Pangarep, Ibu Negara Iriana, dan Bobby Nasution menangis saat acara siraman jelang pernikahan Kaesang di Sumber, Solo, Jumat (9/12/2022).

      Kalahkan Solo, Penurunan Kemiskinan di Sragen 2022 Tertinggi Kedua di Soloraya

      Persentase penurunan kemiskinan di Sragen tahun ini menjadi yang tertinggi kedua di Soloraya. Bahkan, dibandingkan persentase penurunan kemiskinan rata-rata di Jateng, Sragen masih lebih tinggi.

      Belum Nyerah! Tuntas Subagyo Yakin PKR bakal Berlaga di Pemilu 2024

      Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, optimistis partainya bakal lolos dan bisa berlaga di Pemilu 2024.

      Bermodal Rp500.000, Mantan KPM PKH di Sragen Kini Miliki 3 Warung Mi Ayam

      Juragan mi ayam dengan label warung Pak Ndut itu menyatakan keluar dari keluarga penerima manfaat (KPM) PKH tahun lalu dan kini sukses dengan memiliki tiga warung mi ayam di wilayah Masaran.

      Janur Kuning Melengkung dan Kembar Mayang dalam Pernikahan Adat Jawa

      Puluhan janur kuning melengkung mulai dipasang menjelang pernikahan adat Jawa, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022), selain janur kuning, kembar mayang juga ikut dipasang.

      Realisasi Pendapatan Pajak 2022 di Sukoharjo Naik 16,91%

      Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Sukoharjo Richard Tri Handoko menyebut capaian realisasi pajak daerah sampai dengan (30/11/2022) naik 16,91%.

      Bakesbangpol Karanganyar Gelar Penguatan Kerukunan Beragama, Ini Tujuannya

      Pertemuan bertujuan merawat kerukunan umat beragama dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan serta stabilitas negara.

      Ribuan Sukarelawan Jokowi akan Pakai Tanda Pengenal di Pernikahan Kaesang

      Saat ini terdata 13.000 orang lebih [sukarelawan] yang akan datang dan seluruhnya akan diberi tanda pengenal.

      Menang Lawan Petahana, Cakades Terpilih di Wonogiri Akan Rangkul Lawan

      Aris Wahyu Suryanto, mengatakan setelah dinyatakan terpilih dan mengalahkan cakades petahana nomor urut 2, Margono, akan berupaya membangun hubungan baik dengan pihak lawan

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 9 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (9/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Nyam, Festival Durian Lokal Digelar 4 Hari di Selogiri Wonogiri, Ini Jadwalnya

      Di antara durian lokal yang dijual, berasal dari Sumatra, Kalimantan, hingga beberapa daerah di Jawa. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp100.000/tiga buah hingga Rp120.000/buah.

      Diawali Menteri Nyirami Kaesang, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Terakhir

      Ada tujuh pasangan yang melakukan siraman kepada calon manten Kaesang yang merupakan keluarga Presiden Jokowi serta menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersama istri.