SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Wilayah Kabupaten Sleman meningkatkan kewaspadaan terhadap sejumlah sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Selain Gendol, Opak, Kuning, Boyong dan Krasak, Kali Progo di wilayah Kecamatan Minggir juga diwaspadai karena hulu Progo yakni Kali Putih Magelang sudah meluap. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Urip Bahagia mengatakan, aliran Progo melalui dua Desa yakni Sendangarum dan Sendangsari. Aliran Progo ini merupakan gabungan Kali Krasak dan Kali Putih Magelang. “Kali di Magelang sudah meluap kami siagakan perbatasan yang alirannya satu hilir,” katanya, Jumat (4/11).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Menurut dia, jika Kali Putih terus meluap hal tersebut berpotensi meningkatkan debit air di Kali Progo yang melintasi Sleman. Dengan ancaman seperti itu dua Desa di Kecamatan Minggir butuh kewaspadaan luapan air.  “Meski dua Desa yang masuk wilayah Sleman tetap harus waspada,” imbuhnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati Sleman Sri Purnomo menambahkan, material pasir yang tersisa masih 90 juta meter kubik. Kali di Sleman berpotensi dilalui 70 juta meter kubik. Sedangkan wilayah lain di Jawa Tengah Seperti Klaten dan Magelang sekitar 20 juta meter kubik. “Sebagian besar deposit material turun lewat Kali yang ada di Sleman,” ujarnya.(Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya