SOLOPOS.COM - Ilustrasi Saluran Irigasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyiapkan anggaran Rp14 miliar untuk perbaikan dan pembangunan irigasi di Bumi Sembada. Anggaran itu diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Sleman.

Bupati Sleman Sri Purnomo menjelaskan, pada 2014 pihaknya akan merehabilitasi daerah irigasi yang rusak sebanyak 39 lokasi irigasi dengan total biaya sebesar Rp5,9 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu masih ditambah lagi dengan pembangunan irigasi baru berjumlah 45 daerah irigasi dengan total biaya sebesar Rp8,01 miliar, sehingga nyaris Rp14 miliar untuk meningkat sarana dan prasarana bagi petani di Sleman.

Pihaknya berharap peran serta masyarakat Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) untuk mendukung keberlanjutan fungsi daerah irigasi.

Bagi petani yang memperoleh bantuan sarana prasarana pertanian diharapkan mampu menjaga kesinambungan fungsi irigasi dengan baik.

“Alat alat yang melengkapi untuk pengaturan air harus dijaga keamanannya. Dengan kebersamaan dan gotong royong para anggota petani pemakai air, jaringan irigasi tersebut mampu membantu petani meningkatkan produksi pertanian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” ungkapnya dalam rilis yang dikirim kepada Harianjogja.com, Rabu (29/1/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya