SOLOPOS.COM - Ilustrasi imunisasi (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Pemkab Sleman masih melakukan pendataan untuk anak sasaran imunisasi Measles-Rubella (MR)

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemkab Sleman masih melakukan pendataan untuk anak sasaran imunisasi Measles-Rubella (MR). Hal ini dilakukan jelang program imunisasi MR yang akan dilaksanakan pemerintah pusat pada Agustus-September mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan, Nurulhayah menagatakan sasaran imunisasi tersebut yakni anak usia 9 bulan hingga remaja usia 15 tahun. “[pendataan] Salah satunya dengan kerjasama Dinas Pendidikan yakni SD dan SMP,” ujarnya, Minggu (16/7/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan proses saat ini baru sampai pada finalisas sembari menunggu rekapitulasi dari Dinas Pendidikan.

Program nasional ini sedianya akan disampaikan melalui Pekan Imunisasi Sekolah serta melibatkan posyandu. Selain itu, institusi pendidikan berupa Taman Kanak-Kanak juga dilibatkan untuk anak di kisaran usia kurang dari 7 tahun. Rencananya, imunisasi MR akan dilakukan di sekolah pada Agustus sedangkan posyandu akan menyelenggarakan pada September.

Untuk diketahui, campak merupakan penyakit yang disebabkan virus dengan masa inkubasi 8-13 hari yang disertai gejala demam, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk dan pilek.

Sedangkan Rubella merupakan penyakit yang menyerang anak dan remaja. Meski demikian, penyakit Rubella menjadi lebih membayakan jika menyerang ibu hamil karena virus tersebut kemudian bisa membahayakan janinnya dan berdampak permanen.

Beberapa waktu belakang, sosial media juga diramaikan dengan sejumlah kasus Rubella yang menyebabkan sejumlah balita menderita gangguan organ vital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya