Sleman Catat Rekor Kematian Pasien Covid-19 Tertinggi Pada Juli, Tembus 1.390 Orang

Bulan Juli 2021 menjadi puncak tingginya kasus kematian pasien Covid-19 di Sleman.

 Ilustrasi proses pemakaman pasien Covid-19 (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi proses pemakaman pasien Covid-19 (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — Angka kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Sleman, DIY, mencatatkan rekor tertinggi pada Juli 2021. Jumlahnya mencapai 1.390 pasien, atau terbanyak sepanjang pandemi Covid-19 berjalan sejak Maret 2020 lalu.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, mengatakan dari 1390 pasien Covid-19 yang meninggal tersebut, 1.018 atau 73% di antaranya meninggal di rumah sakit. Kemudian 372 pasien atau 27% meninggal saat menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Kematian pasien saat menjalani isoman paling tinggi terjadi pada 22 Juli sebanyak 24 kasus, kemudian tanggal 11 dan 27 masing-masing 20 kasus,” kata Makwan kepada Harian Jogja, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Mendadak Kurangi Kecepatan, Wanita Pengendara Matik Ini Ditabrak Moge Hingga Meninggal Dunia

Makwan mengakui kematian pasien Covid-19 di Sleman memang cukup tinggi. Kondisi tersebut tidak lepas dari penuhnya keterisian tempat tidur isolasi di rumah-rumah sakit rujukan sejak Juni-Juli. Selama Juli, katanya, banyak rumah sakit penuh sehingga pasien pun tidak bisa mendapat ruang perawatan kemudian kembali ke rumah.

“Banyak pasien yang dibawa ke rumah sakit saat dalam kondisi kritis atau saturasinya sudah rendah,” katanya.

Selain faktor tersebut, tidak sedikit pasien akhirnya melakukan isolasi mandiri di rumah. Terbukti sebanyak 372 kasus pasien yang meninggal di rumah dan pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh Tim Dekontaminasi BPBD Sleman. Rata-rata pasien yang meninggal saat menjalani isoman memiliki penyakit penyerta.

“Saat kondisi pasien memburuk, putar-putar cari rumah sakit penuh, akhirnya pulang ke rumah menjalani isoman. Ada yang belum sampai rumah, meninggal di kendaraan,” paparnya.

Baca Juga: Tidak Cuma Jual Air Literan, PDAM Jogja Juga Kini Jual Air Minum Dalam Kemasan

Sukarelawan Pemakaman

Dia berharap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk memerhatikan kondisi dan perkembangan kesehatannya. Jika memang kondisinya semakin tidak baik (memburuk) agar segera ke rumah sakit atau ke gedung isolasi terpadu.

“Mereka yang bergejala sebaiknya ditangani (dirawat) pihak rumah sakit atau isolasi terpadu. Ada nakes yang mengawasi pasien. Jangan sampai sudah kritis baru ke rumah sakit. Jangan sampai penanganan terlambat,” ujar Makwan.

Koordinator Posko Dekontaminasi Covid-19 BPBD Sleman, Vincentius Lilik Resmiyanto, mengatakan saat ini sudah banyak pihak yang membantu pemakaman pasien Covid-19. Ada dari sukarelawan berbagai komunitas, organisasi keagamaan maupun Satgas Pemakaman di masing-masing kalurahan.

Baca Juga: Kabar Baik! 20.000 Nelayan di Jateng Bakal Peroleh Asuransi

Ia berharap agar seluruh proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 baik yang meninggal di rumah sakit maupun tempat tinggal untuk selalu berkoordinasi dengan Posko Dekontaminasi BPBD Sleman.

“Soalnya ini terkait dengan data. Seluruh proses pemakaman juga dilakukan dengan standar protokol pemakaman dan tidak dipungut biaya apa pun alias gratis,” katanya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Hasil Swab PCR, 1 Siswa di Sleman Positif Covid-19

Sesuai kebijakan Bupati Sleman, pembelajaran tatap muka di sekolah siswa yang positif Covid-19 ditutup sementara waktu.

Terungkap! Mahasiswi di Sleman Minum Racun Tikus Gegara Tugas Kuliah

Mahasiswi di Sleman yang ditemukan meninggal dunia di kamar indekos diduga melakukan bunuh diri dengan cara minum racun tikus.

Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun tikus.

Siap-Siap! 31 Objek Wisata di Kulonprogo Akan Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bersiap membuka 31 objek wisata andalannya secara terbatas.

Mau ke Pantai di Bantul? Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap di Objek Wisata

Pemkab Bantul sudah menerapkan kebijakan ganjil genap kendaraan di sejumlah objek wisata ikonik di Kabupaten Bantul.

Pilu, 4 Tahun Asmara Nani Satai Beracun Digantung Aiptu Tomi

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, pilu mendengar pernyataan Aiptu Tomi, yang hadir sebagai saksi pada persidangan kasus satai beracun di PN Bantul, Kamis (21/10/2021).

Selang 18 Menit, Gempa M 4,8 Guncang Laut Selatan Yogyakarta

Gempa bumi juga terjadi di laut selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.39 WIB.

Banjir Lahar Merapi Mengintai, BPBD Sleman Tambah Sensor EWS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sleman mewaspadai potensi banjir lahar hujan Merapi saat cuaca ekstrem.

Dorong Pemulihan Ekonomi, 4.500 PKL dan Warung di Bantul Terima Bantuan

Kodim 0729 Bantul menyalurkan bantuan tunai untuk 4.500 PKL dan warung di Kabupaten Bantul pada Rabu (13/10/2021) untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Pelaku Pencabulan Anak Tiri di Gunungkidul Tak Ditahan, Kok Bisa?

Seorang pria di Gunungkidul, Yogyakarta ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencabulan terhadap anak tiri hingga hamil.

Duh! Pelaku Perusakan Bus Arema FC Masih di Bawah Umur & Tenggak Miras

Pelaku perusakan bus milik Arema FC di sebuah hotel di Kota Jogja yang diringkus polisi masih di bawah umur dan dipengaruhi minuman keras (miras).

Sambil Menahan Tangis, Ini Pesan Nani Satai Beracun untuk Aiptu Tomi

Terdakwa Satai Beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, menahan tangis sembari menyampaikan terima kasih kepada Aiptu Tomi atas cinta, kasih sayang, tetapi menyimpan kebohongan.

Bus Arema FC Dirusak, Pelaku Bawa Spanduk 'Persebaya Ekstrem'

Bus pemain Arema FC yang terparkir di sebuah hotel di Kota Jogja dirusak sejumlah orang yang diduga oknum Persebaya Surabaya.

Geger! Bayi Laki-Laki dalam Kardus di Teras Panti Asuhan Anak Siapa?

Penghuni Panti Asuhan Yapitu di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul gempar, Rabu (20/10) malam, karena kardus misterius di kursi teras berisi bayi laki-laki.

Pelaku Tabrak Lari di Sleman Belum Ditetapkan Tersangka, Kok Bisa?

Seorang perempuan menjadi korban kecelakaan tabrak lari di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pelaksanaan PTM Tingkat SMP Di Kulonprogo Sudah 90 Persen

Capaian angka sebesar 90 persen untuk pelaksanaan PTM di level SMP menjadi angin segar dunia pendidikan di Kulonprogo.