SOLOPOS.COM - Bupati Sleman Sri Purnomo (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan penghargaan terhadap ratusan kelompok usaha yang sukses mengembangkan bantuan dan pemberdayaan masyarakat, Senin (25/8/2014).

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Sleman Ambarwati mengatakan, tujuan pemberian “reward” atau penghargaan tersebut agar kelompok yang berprestasi dapat lebih baik lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain itu, juga mensosialisasikan hasil monitoring dan evaluasi penerima dana pemberdayaan 2013,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, kelompok yang menerima “reward” adalah kelompok yang mengadakan pertemuan secara rutin, jumlah aset kelompok meningkat meskipun masih dibawah 10%.

“Kemudian kelompok sudah melakukan pengadministrasian walau masih sederhana, kelompok sudah menyusun program kerja dan lainnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, penghargaan yang diberikan masing-masing sebesar Rp1 juta untuk ratusan kelompok. Penghargaan secaraa simbolis diserahkan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Sedangkan Sri Purnomo mengatakan, sosialisasi hasil monitoring dan evaluasi dana pemberdayaan masyarakat (DPM) ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana dana pemberdayaan masyarakat yang diberikan kepada kelompok usaha dapat benar-benar memberi manfaat yang optimal.

“Ini tentu saja sangat menuntut kelompok usaha untuk semakin membuktikan bahwa kelompoknya memang sebuah kelompok usaha yang dinamis yang mampu memberikan peningkatan kesejahteraan kepada anggotanya,” tambahnya.

Ia mengatakan, diharapkan dengan monitoring dan evaluasi yang dilakukan dapat memotivasi kelompok usaha yang ada untuk senantiasa tertib baik administrasinya, perguliran modalnya maupun eksis usahanya.

“Dengan monitoring dan evaluasi tersebut juga dapat diketahui berbagai permasalahan dan kendala yang terjadi di lapangan serta dicarikan solusinya. Dengan demikian kelompok usaha tidak akan mengalami kemacetan ataupun kemunduran,” katanya.

Menurut dia, penghargaan bagi 51 kelompok usaha penerima DPM 2012 yang mampu mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya.

“Kepada kelompok usaha diharapkan mampu memotivasi kelompok penerima DPM tahun selanjutnya sehingga nantinya juga dipercaya untuk menerima DPM yang lebih besar lagi jumlahnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya