SOLOPOS.COM - Sleeper bus yang dijiplak di Bangladesh/Instagram/@buscampindonesia

Solopos.com, JAKARTA -- Bus-bus buatan karoseri di Indonesia makin diminati oleh perusahaan karoseri di luar negeri. Bahkan desain sleeper bus Karoseri Laksana Ungaran dijiplak langsung salah satu perusahaan karoseri di Bangladesh.

Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi, menyatakan sleeper bus tersebut ditiru tanpa izin dari pihak karoseri Laksana. "Mereka mengkopi, itu logonya [Laksana] aja sampai ditempel," kata Dewi, dihubungi detikoto, Sabtu (27/3/2021).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Jika dilihat dari eksteriornya, tampilan luar bus kloningan ini benar-benar mirip dengan sleeper bus Laksana yang punya ciri khas desain floating roof serta selendang ala Legacy SR2. Bahkan desain livery-nya pun sangat identik dengan sleeper bus Laksana yang kali peryama dirilis di GIIAS 2019 dengan nama Legacy SR2 Suite Class. Selain itu, yang menarik lagi pihak karoseri tersebut juga menyematkan logo dan emblem asli Laksana.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Bio Lab Level 2, Bus Laboratorium Canggih Buatan Laksana Ungaran

Dari segi sasis, sleeper bus Laksana tiruan itu menggunakan besutan Ashok Leyland yang posisi mesinnya masih terletak di depan. "Ashok itu manufaktur dari India," sambung Dewi.

Selain menggunakan sasis dan mesin buatan India, sleeper bus tiruan ini juga menggunakan konfigurasi kursi yang agak berbeda dengan produk serupa yang ada di Indonesia. Jika sleeper bus Laksana di Indonesia pakai konfigurasi kursi 1-1, maka sleeper bus Laksana tiruan Bangladesh ini pakai konfigurasi 2-1.

Sleeper bus yang dijiplak di Bangladesh/Instagram/@buscampindonesia
Sleeper bus yang dijiplak di Bangladesh/Instagram/@buscampindonesia

Dari segi kualitas, tentunya sangat berbeda jauh dengan sleeper bus asli yang dibuat karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah itu. Di Indonesia sendiri, sleeper bus Laksana memang cukup populer. Belasan perusahaan otobus tercatat menggunakan bodi bus racikan Laksana.

Baca Juga : Bus Listrik Damri Dari Korea Selatan Dijajal Layani Rute Bandara

Tak hanya diminati di dalam negeri, produk-produk bus Laksana juga digemari masyarakat pengguna transportasi di Bangladesh.Tercatat Laksana sudah pernah mengekspor bus highdecker dan bus double decker ke negara tetangga India itu.

Beberapa waktu lalu, Technical Head Manager CV Laksana, Stefan Arman, juga pernah mengatakan bahwa sleeper bus Laksana diminati Bangladesh dan kemungkinan akan diekspor. "Bangladesh setelah bus double decker ini mereka sebenarnya sudah mengirimkan sasis lagi. Dan kemungkinan besar itu akan dipakai di bus suites class," bilang Arman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya