SOLOPOS.COM - Timnas U 19 (Istimewa)

Harianjogja.com, SLEMAN—Prestasi gemilang skuat Timnas Indonesia U-19 mengantarkan para pemainnya meraih apresiasi dalam dunia pendidikan.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu kampus yang menawarkan jenjang pendidikan lanjutan bagi skuat Garuda Jaya, julukan Timnas U-19. Kerja sama antara Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan UNY pun ternyata sudah ternyata sudah dilakukan pertengahan Juni lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat Evan Dimas dan kawan-kawan melakukan training camp (TC) di Lapangan UNY, bersamaan dengan itu pula tim ofisial Timnas U-19 melakukan pertemuan dengan Rektor UNY membahas studi lanjutan para pemain.

Pada kesempatan itu Coach Indra Sjafri dan Rektor UNY menyepakati, para pemain U-19 bisa melanjutkan studi di kampus pemerintah itu.

Rektor UNY, Rohmat Wahab sangat mengapresiasi minat para pemain untuk melanjutkan studi sampai universitas. Rektor memberikan wejangan, seorang atlet yang hebat seyogyanya memiliki pula prestasi akademik yang hebat.

Dia memberikan gambaran fakta, ada  atlet basket Amerika Serikat yang pada mulanya berawal dari kampus. Atlet tersebut justru semakin hebat di kemudian hari. Menurut dia atlet berprestasi dan prestasi akademik tidak bisa dipisahkan.

“UNY care terhadap semua lembaga termasuk bidang olahraga” kata Prof. Rochmat Wahab, akhir pekan lalu.

Rohmat sekaligus menegaskan, UNY siap untuk bekerjasama. Rektor bahkan menawarkan pada Timnas U-19 yang tidak lolos seleksi ini untuk bisa mengikuti tes masuk melalui jalur seleksi mandiri.

Sementara itu  Wakil Rektor III UNY, Prof. Sumaryanto mengungkapkan, baru pertama kali ini pemain sepakbola dikuliahkan jenjang S1 dengan biaya dari PSSI.

“Menurut rencana, mayoritas 25 orang pemain Timnas U-19 akan kuliah di Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan mulai tahun ajaran 2014/2015,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Nantinya materi perkuliahan  disampaikan melalui E-Learning,  waktu dan tempat akan menyesuaikan.

Sumaryanto menargetkan setelah Timnas U-19 menyelesaikan turnamen di Spanyol, para orangtua mereka akan diundang pada pertemuan orang tua mahasiswa baru di GOR UNY, 24 Agustus 2014 mendatang.

Pada kegiatan tersebut Ketua PSSI Prof. Djohar Arifin Husin juga direncanakan hadir sebagai wali para pemain Timnas U-19. Selanjutnya pada 25 Agustus, penggawa Garuda Jaya akan mengikuti orientasi pengenalan kampus dilanjutkan dengan ESQ. Selain menguliahkan pemain U-19, PSSI juga menjajaki kerja sama untuk studi lanjut S2 para pelatih Timnas di Pascasarjana UNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya