SOLOPOS.COM - Pak Raden (bisnis-kti.com)

Pak Raden (bisnis-kti.com)

JOGJA—Seniman ternama Tanah Air, Pak Raden bakal menggelar pameran seni rupa di Bentara Budaya, Jakarta, Februari 2013 mendatang. Sebanyak 60 karya berupa sketsa buatan pencipta tokoh Si Unyil ini akan dipajang dalam pameran tersebut.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Seluruh karya itu merupakan ciptaan Pak Raden selama ia kuliah animasi di Prancis pada 1961-1964 silam. Rinda Wulan, salah satu perwakilan dari Yayasan Pak Raden menjelaskan, Pak Raden adalah seniman Indonesia pertama yang sempat mengenyam pendidikan animasi di salah Universitas ternama Prancis pada 1961-1964. Pengalaman berharga itu pun tidak dilewatkan begitu saja oleh Pak Raden.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemilik nama asli, Suyadi itu merekam pengalamannya itu dalam sapuan sketsa. “Seluruh hal yang menarik Pak Raden seperti keindahan Prancis, keunikan Prancis hingga hal ekstosis seperti orang ciuman atau telanjang yang dilakukan warga Prancis direkam oleh Pak Raden dalam sketsa. Karya sketsa itu merupakan diary Pak Raden semasa di sana,” katanya Rinda kepada Harian Jogja, pekan lalu.

Sayang, puluhan karya yang dipamerkan itu hanya berwujud karya repro. Hal itu karena karya asli Pak Raden semasa di Prancis sudah banyak yang rusak dan menguning karena dimakan usia. “Sehingga Pak Raden terpaksa memfotokopi karya sketsa itu kembali untuk ditebalkan kembali menggunakan kertas karbon dan pensil,” ungkapnya.

Menurut Rinda pameran tersebut akan dimulai pada Februari 2013 mendatang di Bentara Budaya Jakarta. Seusai menggelar pameran di Bentara Budaya Jakarta, karya tersebut akan juga akan dipamerkan di Bentara Budaya Jogja dan beberapa kota lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya